ISPU Sarolangun Masih Sedang, LH Ingatkan Warga Gunakan Masker

ISPU Sarolangun Masih Sedang, LH Ingatkan Warga Gunakan Masker
Hotel Abadi Sarolangun tempat pemantauan ISPU. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Kabupaten Sarolangun mulai diselimuti kabu asap tipis seiring dengan musim kemarau dan kebakaran hutan dan lahan.

Meski demikian, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kabupaten Sarolangun masih dalam katagori sedang.

Berdasarkan pantauan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sarolangun dengan nomor 05/LHU/L2SRL/VIII/2019 bahwa udara Sarolangun masih baik dan belum dikatakan tercemar.

"Kita tinjau tentang udara, terutama wilayah kita masih dalam keadaan sedang, belum dikatakan tercemar. Memang keparahan tidak seperti beberapa tahun sebelumnya jarak pandang kita itu dua meter pakai masker. Namun sekarang belum menganggu saluran pernapasan kita," ungkap Deshendri Kepala Dinas LH Sarolangun, Kamis (5/9/2019).

Deshendri menjelaskan melalui laboratorium Dinas Lingkungan Hidup memang baku mutu udara dalam ketegori sedang dan belum membahayakan.

"Yang jelas di Sarolangun belum membahayakan. Untuk nilai sesuai pengujian seminggu yang lewat dengan angka 51 per 100 berarti angka sedang. Tidak sehat itu 101 sampai 199, dan Jika diatas itu  sudah memahayakan. Kita berada titik 51 per 100, yakni di angka 57,"lanjutnya 

Katanya, pengujian kualitas udara berada pada satu titik yaitu tak jauh dari Hotel Abadi Sarolangun. Namun pihaknya akan instruksikan laboratorium untuk menguji kembali di dua lokasi lain.

"Kita akan menguji dua titik lagi di wilayah Sarolangun, sehingga bisa menyeluruh," katanya. 

Pihaknya menghimbau meski udara masih dalam kategori sedang, masyarakat harus menggunakan masker saat bepergian. (RED)

Reporter : Arfandi S