Jokowi Akui Beberapa Lubang Bekas Tambang Masih Menyisakan Masalah

Jokowi Akui Beberapa Lubang Bekas Tambang Masih Menyisakan Masalah

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Calon Presiden Nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengakui beberapa lubang bekas tambang masih belum terselesaikan proses reboisasinya.

"Memang kita akui, satu, dua, tiga lubang bekas tambang masih menyisakan beberapa masalah yang belum tereboisasi, tapi banyak yang lain sudah menjadi hutan kembali, bahkan menjadi kolam ternak ikan," kata Jokowi dalam Debat Capres 2019 Putaran Kedua di Jakarta, Minggu (17/2).

Jokowi mengatakan proses reklamasi lubang bekas tambang harus terjadi, dan diperbaiki yang lainnya bahkan ada yang menjadi wisata pantai, kolam ikan besar. Sementara itu, Calon Presiden Nomor urut dua Prabowo mengatakan bahwa lubang bekas tambang tersebut banyak terjadi karena banyak dikelola oleh perusahaan tambang asing.

Di mana perusahaan tersebut meninggalkan bisnisnya tanpa bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan yang terjadi. Menurutnya, pemerintah harus tegas menindak hal tersebut. Debat capres kedua yang diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, terdiri dari enam segmen, di mana pada segmen pertama kedua capres akan dipersilakan mengambil pertanyaan secara acak.

Berdasarkan susunan acara debat kedua yang beredar di kalangan wartawan, pada segmen pertama, masing-masing capres akan menjelaskan visi-misi. Kemudian mereka akan mengambil pertanyaan terkait tema infrastruktur, energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup yang akan ditanyakan pada segmen-segmen berikutnya.

Pada segmen kedua, para capres akan mendalami visi-misi terkait infrastruktur serta energi dan pangan. Pada segmen ketiga, para capres akan mendalami visi-misi terkait sumber daya alam dan lingkungan hidup. Dalam segmen kedua dan ketiga, masing-masing capres diberikan waktu untuk saling menanggapi visi-misi lawan. Kemudian pada segmen keempat, akan berlangsung debat eksploratif.

Dimana pertanyaan yang telah disusun panelis telah diaktualisasikan dalam bentuk video, dan akan ditanggapi para capres. Pemilihan video dilakukan secara acak oleh Ketua KPU RI pada segmen pertama. Selanjutnya pada segmen kelima masing-masing capres berhak mengajukan pertanyaan kepada lawannya secara bebas namun pertanyaan tetap harus seputar tema debat. Di bagian akhir yakni segmen enam, para capres akan memberikan pernyataan penutup. (RED)