Jokowi: Nelayan Kecil Sudah Tidak Pakai Izin Lagi

Jokowi: Nelayan Kecil Sudah Tidak Pakai Izin Lagi

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyatakan saat ini nelayan kecil yang menggunakan kapal berbobot di bawah 10 gross tonnage (GT) sudah tidak memerlukan izin lagi untuk menangkap ikan di lautan.

"Untuk nelayan-nelayan kecil yang memiliki kapal bobot 10 GT ke bawah sudah tidak pake izin lagi," kata Jokowi dalam Debat Capres 2019 Putaran Kedua di Jakarta, Minggu (17/2).

Menurut Jokowo, untuk saat ini hanya kapal-kapal yang berbobot di atas 30 GT yang memerlukan untuk mendapatkan izin untuk melaut.

Dengan adanya kebijakan seperti itu, lanjutnya, maka diharapkan bahwa nelayan-nelayan dengan kapal kecil juga bisa semakin cepat untuk melaut.

Jokowi juga menyatakan bahwa pihaknya juga membentuk apa yang disebut sebagai Bank Mikro Nelayan dalam rangka membantu permodalan bagi nelayan.

Debat capres putaran kedua ini diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada Minggu (17/2) malam, yang dimulai sejak pukul 20.00 WIB.

Tema yang diangkat pada debat kedua tersebut adalah infrastruktur, energi dan pangan, serta sumber daya alam dan lingkungan hidup. (RED)