Kena Radang Persendian, "Uni" Jambi Tak Bisa Berjalan

Kena Radang Persendian,

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Seekor harimau Sumatera (Panthera tigris Sumatrae) yang menjadi koleksi Kebun Binatang Taman Rimba Jambi menderita radang persendian sehingga mengalami pembekakan pada kaki kanan belakangnya.

"Iya diagnosa sementara harimau bernama Uni itu menderita radang persendian pada kaki kanannya," kata salah seorang dokter hewan kebun binatang tersebut, Tarmizi di Jambi, Rabu.

Radang persendian (arthritis), menurutnya disebabkan karena kebiasaan harimau sumatera yang mendiami kadang tersebut kurang bergerak.

"Bisa disebabkan karena kurangnya bergerak. Seperti itu kebiasaan setelah makan kenyang istirahat dua hari," ujarnya.

Selain itu, menurutnya kandang display untuk harimau Sumatera betina itu kurang besar sehingga pergerakannya tidak bisa leluasa untuk bergerak kesana kemari.

Saat ini pihak kebun binatang tengah melakukan penanganan dan treatment dengan memberikan suntik anti inflamasi untuk meringankan nyeri akibat radang persendian itu.

"Dua hari sekali pagi dan sore kita berikan pengobatan (treatment), dan juga dalam waktu dekat ini akan kita rontgen untuk mengetahui penyebab pastinya," kata Tarmizi.

Dalam beberapa pekan ini di kandangnya harimau Sumatera Uni lebih banyak duduk dan terbaring di bawah pohon bambu dan bahkan Uni hanya sesekali berjalan sebentar.

Saat berjalan itu sangat jelas kaki kanan belakangnya pincang. Setelah berjalan sebentar kemudian dia terbaring lagi dan enggan untuk berdiri.

Uni merupakan satu satunya harimau Sumatera betina dewasa yang masih tersisa di Kebun Binatang itu. Uni kini hanya sendiri di kandang karena sebelumnya dia ditinggal anaknya Ayu yang mati akibat menderita paru-paru basah.(RED)