Kerusuhan Kuil Hindu Sri Mariamman, Polisi Malaysia Tangkap 4 Pelaku

Kerusuhan Kuil Hindu Sri Mariamman, Polisi Malaysia Tangkap 4 Pelaku

BRITO.ID, BERITA KUALALUMPUR - Polisi Malaysia menahan empat laki-laki atas dugaan terlibat dalam kerusuhan dua kelompok di kuil Hindu Sri Mariamman, Subang Jaya, Minggu.

Kepala Polisi Selangor, Datuk Mazlan Mansor, di Kualalumpur pada Selasa mengatakan dua orang ditahan tadi malam dan dua sisanya ditangkap pada Senin (26/11).

Ia mengatakan polisi menyita parang dari dua pelaku, yang ditangkap lebih awal.

"Jumlah yang ditangkap sehubungan dengan perkara itu berjumlah 21 orang, semua lelaki," katanya pada jumpa pers di kantor polisi Selangor.

Mazlan mengatakan lima kendaraan dibakar dalam kejadian tersebut.

"Empat kendaraan dibakar berdekatan dengan kuil, satu van dibakar di One City Mall. Jumlah yang dibakar 23 kendaraan," katanya.

Sementara itu, seorang anggota pemadam kebakaran cedera setelah diserang sekelompok laki-laki ketika mencoba memadamkan api, yang membakar kendaraan.

"Kendaraan pemadam juga dirusak dan anggota yang cedera itu dirawat di Rumah Sakit Subang Jaya," katanya.

Sementara itu, Komnas HAM Malaysia dalam pernyataannya mengatakan demi kepentingan keselamatan masyarakat dan ketenteraman, pihaknya meminta semua yang mencoba mengganggu kestabilan dan keamanan negara terkait kuil Hindu Sri Mariamman berhenti melakukan kejahatan.

"Kami menyeru polisi melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap kerusuhan itu, termasuk menangkap yang menyebabkan kerusuhan," kata Ketua Komnas HAM Malaysia, Tan Sri Razali Ismail.

Walaupun serangan tersebut dipercayai timbul akibat dari kerusuhan, katanya, demi semangat dan nilai sebagai warganegara Malaysia, pihaknya memohon rakyat Malaysia menolak semua percobaan ekstremisme dan eksploitasi politik dari apapun.

Kerusuhan melibatkan perseteruan dua kelompok itu dipicu pemindahan kuil tersebut.

Sekelompok orang dikabarkan memrotes rencana pemindahan kuil berusia 100 tahun itu ketika diserang kelompok lain.(red)