Maraknya Oknum Calo KTP-e, Begini Reaksi Kadis Dukcapil Jambi

Maraknya Oknum Calo KTP-e, Begini Reaksi Kadis Dukcapil Jambi

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Maraknya penerbitan administrasi kependudukan oleh oKnum yang tidak bertanggung jawab, mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jambi. Terlebih masyarakat enggan mengurus administrasi kependudukan sendiri, sehingga menjadi celahnya para pelaku untuk memberikan bantuan. Instan illegal.

 

Dijelaskan Mulyadi Yakub, Kadis Dukcapil Kota Jambi, pengurusan administrasi kependudukan seperti KTP,  KK, Akta kelahiran dan kematian tidaklah serumit dan terlalu lama.  " Sekarang ndak pakai lamo lagi ngurus KTP dan KK serta administrasi lainnya, asal data pelengkap pendukungnya asli dan lengkap" jelas Mulyadi, Kamis (4/4/2019).

 

Dia menegaskan mengurus KTP dan semuanya perlu waktu namun tidak terlalu lama, KTP sekarang dengan persiapan blangko yang cukup sudah tidak menjadi kendala.

 

“Rasa malas masyarakat dengan alasan ribet dan rumit dalam kepengurusan administrasi kependudukan itulah yang menjadi celah oknum tidak bertanggung jawab,” jelasnya.

 

Kepengurusan pinjaman bank, kredit rumah atau apapun saat ini selalu menggunakan administrasi kependudukan KTP dan KK.  Rumitnya tingkat proses pengajuan yang juga menjadi pemicu adanya niat sang konsumen untuk mengambil sikap cepat namun tidak terjamin.

 

"Ya kalau untuk urusan pinjaman dan pengajuan kredit harus olah data adminitrasi kependudukan. Apa masyarakat tidak berfikir untuk penggunaan administrasi kedepan untuk kebutuhan lainnya.  Makanya masyarakat harus lebih jeli dan cermat, mending mengurus semua sendiri dengan menyertakan peserta lengkap, tanpa harus meminta bantuan pihak ketiga. Selain aman masyarakat juga akan pahan kemajuan demi kemajuan dari setiap kepengurusan,” tutup Mulyadi.  (red)

 

Reporter : Dewi Yana Safitri