Menkes Terawan Gunakan Obat Tamiflu, Kok Beda Obat Avigan yang Dibeli Pak Jokowi?

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya memilih menggunakan obat Tamiflu untuk pasien virus corona Covid-19 di Indonesia. Keputusan yang diambil berdasarkan rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) tersebut sontak mendapat sorotan publik.

Menkes Terawan Gunakan Obat Tamiflu, Kok Beda Obat Avigan yang Dibeli Pak Jokowi?
Istimewa

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akhirnya memilih menggunakan obat Tamiflu untuk pasien virus corona Covid-19 di Indonesia. Keputusan yang diambil berdasarkan rekomendasi dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) tersebut sontak mendapat sorotan publik.

Selain soal obat Tamiflu, topik tentang penyemprotan di tempat-tempat umum hingga pemukiman juga menjadi sorotan. Apalagi ahli epidemiologi Universitas Indonesia, Syahrizal Syarif mengatakan bahwa menyemprotkan cairan disinfektan merupakan tindakan yang mubazir. Apa alasannya?

Adapun terkait efek samping, meski sama-sana serupa antivirus Tamiflu dan Avian memiliki efek berbeda, karena memiliki komposisi yang berbeda.

“Itu 2 obat yang berbeda jadi berbedalah efek sampingnya,” ujar dia.

Sayangnya, karena belum pernah membandingkan keduanya, Erlina enggan memaparkan perbedaan efek samping Tamiflu dan avigan ini.

Sementara itu Avigan sendiri pernah digunakan di Wuhan, China dan Jepang untuk mengobati pasien Covid-19. Perbandingannya adalah 91 persen paru-paru yang diberi avigan membaik, dan hanya 62 persen mereka yang tidak diberi obat yang paru-parunya membaik.

Sayang, sepertinya avigan tidak berfungsi kepada mereka yang kondisinya sudah sangat parah akibat virus corona. Sehingga peneliti menyimpulkan avigan tidak berfungsi dengan baik saat virus sudah belipat ganda.

Sedangan tamiflu adalah obat virus influenza yang sudah digunakan sejak tahun 2000-an. Obat ini juga sempat digunakan di Indonesia saat mengatasi wabah flu burung pada 2005. Sedangkan di Amerika Serikat, tamiflu juga diresepkan untuk penanganan wabah flu rutin.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) merekomendasikan obat Tamiflu sebagai obat yang digunakan untuk pasien virus corona Covid-19 di Indonesia. Hal ini disampaikan Menkes Terawan, dalam rapat dengar pendapat dengan anggota Komisi IX DPR RI.

Sumber: panjinasional.net
Editor: Ari