Tiga Mitos Larangan saat Datang Bulan Ini Ternyata Tak Pernah Terbukti

Tiga Mitos Larangan saat Datang Bulan Ini Ternyata Tak Pernah Terbukti

BRITO.ID - Datang bulan atau haid merupakan kejadian yang rutin dialami oleh para wanita. Di Indonesia sendiri datang bulan lekat dengan berbagai mitos yang tersebar di masyarakat. Para orang tua seringkali mengatakan berbagai hal yang menjadi larangan saat anak gadisnya sedang mengalami masa haid.

Namun diantara semua hal yang pernah diucapkan orang tua, tidak semua terbukti secara ilmiah dan benar adanya. Kita mungkin akan menurut saja tanpa tahu fakta yang jelas. Hal ini sudah membudaya, jika perkataan orang tua tidak salah bila dituruti. Namun tetap saja, kita perlu meluruskan berbagai macam mitos yang beredar.

Untuk menghindari generasi yang percaya mitos dan tidak mau melakukan konservasi. Yuk, simak 5 mitos tentang datang bulan yang belum pasti kebenarannya.

1. Sedang haid, dilarang keramas saat mandi

Percaya atau tidak, mitos ini ada di masyarakat kita. Tanpa ada alasan yang jelas, para Ibu memerintahkan anak gadisnya untuk tidak keramas saat sedang mengalami mestruasi. Hal ini terdengar jorok dan sangat tidak masuk akal bukan? Bayangkan kalau kamu mengalami haid selama 7 hari. Lalu selama itu, kamu juga nggak keramas. Idiih..bau dan lengket banget pasti ya?

Selain tidak ada alasan yang jelas mengenai larangan keramas, mitos ini semakin tidak boleh dipercaya sebab rambut yang kotor akan membawa banyak masalah bagi kesehatan. Membiarkan rambut kotor dalam waktu lama akan membuat banyak kuman berpesta pora dan bahayanya kalau rambut terkena wajah, maka akan menimbulkan jerawat.

(BACA JUGA >> Inspirasi Gerakan Yoga Asyik Bersama Buah Hati ala Jennifer Bachdim)

2. Jangan makan timun saat haid

Kalau kata nenek, makan timun saat haid akan membuat kita mandul. Wah? Kok bisa sih? Getah timun konon katanya akan lengket di rahim kita dan membuat para wanita susah memiliki anak. Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah apapun untuk membuktikan kebenaran dan fakta dari mitos ini. Sebagai bagian dari masyarakat modern kita bisa langsung berpikir. Apakah mungkin timun yang masuk ke sistem pencernaan justru akan mengganggu sistem reproduksi?

(BACA JUGA >> Unik! Inilah 5 istilah untuk Perasaan Manusia yang Sulit Dijelaskan)

3. Jangan minum es saat haid 

Nah kalau mitos yang satu ini, yakin deh banyak yang percaya. Banyak wanita meyakini bahwa minum air dingin atau es akan membuat darah beku di rahim dan sangat tidak baik bagi rahim. Namun fakta sebenarnya adalah, mau sedang haid atau tidak, minum air dingin memang tidak baik bagi tubuh. Dan kekuatan air dingin untuk membekukan darah di dalam rahim terdengar sangat tidak mungkin. Jadi jangan percaya pada mitos ini ya. Karena kenyataannya air dingin atau es memang tidak baik untuk kesehatan dalam kondisi apapun.