Nikah Dibawah Umur, 9 Pasangan Calon Pengantin Dapat Dispensasi

Nikah Dibawah Umur, 9 Pasangan Calon Pengantin Dapat Dispensasi
Wakil Ketua PA Tanjabbar, Zakaria Ansori (Heri/brito.id)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL - Pengesahkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 sebagai Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, 

Pengadilan Agama Kualatungkal, mengajukan dispensasi bagi sembilan pasangan yang mengajukan pernikahan. 

Ketua Pengadilan Agama Kuala Tungkal  melalui Wakil Ketua, Zakaria Ansori membenarkan hal ini. Pasca disahkan beberapa waktu lalu, di Pengadilan Agama Kuala Tungkal terdapat beberapa orang yang mengurus dispensasi kawin.

UU Perkawinan yang baru mengubah batas minimal menikah laki-laki dan perempuan yang ingin menikah dengan usia minimal 19 tahun. Sementara sebelumnya, batas usia menikah bagi laki-laki ialah 19 tahun dan perempuan 16 tahun. 

“Fenomena nikah dibawah umur presentasenya memang sedikit. Tapi, dengan lahirnya UU nomor 16 tahun 2019 itu, sembilan perkara yang masuk kita Dispensasikan.” katanya.

Selama ini, kata Zakaria dengan aturan umur 16 tahun, masih terdapat masyarakat yang minta dispensasi kawin. Terlebih menurutnya banyak masyarakat yang belum mengetahui peraturan tersebut telah diberlakukan. 

"Sebelum adanya perubahan UU tersebut,  pasangan yang akan melangsungkan pernikahan dengan mendaftar diri ke Kantor Urusan Agama memang banyak, namun karena aturan tersebut pihak KUA menyarankan ke PA terlebih dahulu karena usia yang bersangkutan 16 tahun," terangnya.

Kendati demikian, dia mengapresiasi adanya aturan tersebut. Sebab menurutnya akan berdampak pada laju pertumbuhan angka kelahiran serta mendukung kedewasaan bakal pasangan yang akan menikah.

“Jika diperbolehkan memberi masukan, dirinya akan menyarankan batas usia untuk perkawinan yaitu 17 tahun. Dengan harapan hukum yang dibuat itu berdasarkan dalil hukum yang hidup di tengah masyarakat," tutupnya. (*)

Kontributor : Heri Anto
Editor : Ari W