Pengidap Tumor Paru Meninggal Dikabarkan Bernafas Lagi, Simak Penjelasan Dirut RSUDRM

Pengidap Tumor Paru Meninggal Dikabarkan Bernafas Lagi, Simak Penjelasan Dirut RSUDRM
drg Iwan Hendrawan, Plt Dirut RSUD RM. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - M Rachju Rizky (19) pengidap tumor paru warga asal kabupaten Muarojambi yang dinyatakan meninggal dunia dikabarkan sempat bernafas lagi. 

Plt Dirut Rumah Sakit Umum Raden Mattaher, drg Iwan Hendrawan menjelaskan, bahwasanya untuk prosedur standar rumah sakit, pihaknya telah melaksanakan sesuai aturan medis yang berlaku.

"Kita tadi sebelum menyatakan meninggal telah melakukan pengecekan terhadap denyut nadi dan jantung dan benar sudah tidak ada," ujar drg Iwan, Jumat (13/9/2019) ketika dihubungi Brito.id.

Setelah dilakukan pengecekan, pihaknya juga tidak langsung menyatakan Rachju meninggal, tetapi masih ditunggu waktu dua jam untuk memastikan kembali.

Dan benar, setelah melewati prosedur yang ada pihaknya memastikan Rachju meninggal dunia.

Terkait kabar Racju hidup kembali, tim melakukan pengecakan ke rumah duka. Meski sempat berdetak jantungnya, setelah itu Rachju meninggal dunia. "Memang telah meninggal dunia. Saat ini tengah dilakukan pemakaman," katanya. 

Menurut Iwan, adanya gerakan di dada Rachju itu dikarenakan waktu dalam perawatan dipasang selang untuk mengeluarkan cairan di dalam paru-parunya. Sehingga saat dicabut, kemungkinan ada tertinggal udara.

"Jadi saat dimandikan, karena ada udara yang tertinggal jadi menyebabkan ada gerakan di dada seperti detak jantung," pungkasnya. (red)

Reporter: Deni S