Petugas Maskapai Harus Paham Informasi Meteorologi!

Petugas Maskapai Harus Paham Informasi Meteorologi!
Kepala BMKG. (Ist)

BRITO.ID, BERITA KUPANG - Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG, Agus Wahyu Raharjo meminta agar  petugas maskapai penerbangan di setiap bandara perlu memahami tentang informasi meteorologi untuk mendukung keselamatan penerbangan.

Pemahaman tentang informasi meteorologi ini penting, mengingat tidak semua bandara, terutama bandara perintis memiliki petugas BMKG yang khusus memantau perkembangan cuaca di daerah untuk kepentingan penerbangan, kata Agus Wahyu Raharjo pada pembukaan Sekolah Lapang Penerbangan BMKG di Kupang, Selasa (24/9).

"Melalui sekolah lapang penerbangan ini, kami ingin mengajak, merangkul pengguna layanan BMKG, baik dari airnav dan pelaksana maskapai di bandara untuk memahami informasi tentang meteorologi penerbangan," katanya.

Selain bekerja sama dengan para petugas di bandara yang tidak memiliki awak BMKG, untuk bersama-sama memberikan informasi meteorologi penerbangan atau cuaca kepada pilot untuk keselamatan penerbangan, katanya.

"Jadi salah satu tujuan penting dari sekolah lapang penerbangan ini adalah mengedukasi petugas di beberapa bandara untuk memberikan informasi cuaca," katanya.

Dalam kegiatan sekolah lapang ini, para peserta akan dilatih bagaimana cara mengamati cuaca, arah kecepatan angin, tekanan angin dan temparatur.

Selain jarak pandang dan tinggi dasar awan, karena kondisi sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan pada saat take off maupun landing, katanya.

"Laporan mengenai cuaca ini sangat penting untuk keselamatan penerbangan," Agus Wahyu Raharjo.

Para peserta sekolah lapang penerbangan ini sebanyak 24 orang, antara lain berasal dari petugas maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, TransNusa, Lion Air, Susi Air, anak perusahan Garuda Gapura.

Dan sejumlah petugas Unit Pelaksana Bandara Udara Kementerian Perhubungan Ende, Atambua, Ngada dan Lembata serta Tambolaka, Sumba Barat Daya. (RED)