PILKADA JAMBI-Sebaran Masyarakat Sangat Besar, Tokoh Kerinci-Sungaipenuh Layak Nomor 1

PILKADA JAMBI-Sebaran Masyarakat Sangat Besar, Tokoh Kerinci-Sungaipenuh Layak Nomor 1

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi baru akan digelar 2020 nanti. Namun sejumlah tokoh Jambi muncul dan digadang-gadangkan maju di Pilgub Jambi 2020.

Sebagian besar nama-nama yang muncul adalah para kepala daerah dalam Provinsi Jambi. Sebut saja Walikota Jambi Sy Fasha, Bupati Sarolangun Cek Endra, Bupati Merangin Alharis, Bupati Tanjab Barat Safrial dan Walikota Sungaipenuh, Asafri Jaya Bakri (AJB).

Selain nama para kepala daerah, sang petahana Fachrori Umar juga diperhitungkan. Dan juga ada nama Hasan Basri Agus (HBA) yang menunggu dilantik menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar. 

Nama-nama tersebut secara geopolitik mewakili setiap daerah dalam Provinsi Jambi. Menurut peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli (HSR), dilihat dari nama-nama para kepala daerah tersebut secara wilayah tokoh dari Kerinci dan Sungaipenuh cukup berpeluang untuk duduk menjadi orang nomor satu di wilayah Provinsi Jambi. 

Kata dia, peluang dari tokoh-tokoh Kerinci sangat besar. "Tokoh-tokoh Kerinci peluangnya sangatlah besar," jelas Hadi.

Hadi beralasan, Kerinci dan Sungaipenuh adalah urutan ketiga yang daftar pemilih masyarakatnya di Jambi cukup besar. "Selain sebaran masyarakat Kerinci yang besar, tokoh - tokoh Kerinci juga sudah banyak berkiprah di pemerintah terutama nasional. Itulah salah satu peluang dari para tokoh Kerinci untuk maju memperebutkan kursi nomor 1 di Provinsi Jambi," tutupnya. (red)  

Reporter: Dewi Anita