PSI Kagum Kabinet Mahatir Multikultur

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie memuji Kabinet Harapan Malaysia pimpinan Perdana Menteri Tun Mahathir Mohamad.

PSI Kagum Kabinet Mahatir Multikultur

BRITO.ID, Jakarta -  Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie memuji Kabinet Harapan Malaysia pimpinan Perdana Menteri Tun Mahathir Mohamad. Karena kabinet tersebut diisi lintas etnis, kaum muda, dan dipimpin politiskus senior yang berpengalaman.

"Kabinet ini menarik karena diisi multikultur. Hal ini benar-benar memberi harapan bagi rakyat Malaysia," ujar Grace usai melakukan kunjungan ke Malaysia dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 3 Juli 2018.

Dalam kunjungan ke Malaysia Grace didampingi Sekjen PSI Raja Juli Antoni,  Ketua DPP PSI Tsamara Amany Alatas,  Dini Purwono, Dara Adinda Nasution, dan Mohamad Guntur Romli. Mereka bertemu beberapa politikus Malaysia dari partai-partai anggota Koalisi Pakatan Harapan.

"Kami bertemu pimpinan Partai Pribumi Bersatu, partainya Tun Mahathir; Partai Keadilan Rakyat, partainya Datuk Anwar Ibrahim; Partai Amanah, dan Partai Aksi Demokrasi. Kami senang ada 6 politisi yang kami temui diangkat menjadi menteri dalam Kabinet Tun Mahathir," kata Grace.

Dari belasan politikus Malaysia yang ditemui delegasi PSI, ada enam orang yang diangkat menjadi menteri. Mereka adalah Syed Saddiq (Melayu keturunan Arab) yang baru 25 tahun dari Partai Pribumi Bersatu, yang diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga.

Lalu ada Saifudin Nasution (keturunan Batak Mandailing), yang juga Sekjen PKR, diangkat menjadi Menteri Perdagangan Domestik. Yeo Bee Yin (Tionghoa) ditunjuk menjadi Menteri Energi, Sains, dan Lingkungan.

Selanjutnya, ada Steven Sim (Tionghoa) yang menjadi  Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga, Hannah Yeoh (Tionghoa) yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Wanita dan Keluarga, Ong Kian Ming (Tionghoa) sebagai Menteri Perdagangan Internasional dan Industri.

"Semua ini memperlihatkan komposisi menarik, melambangkan Malaysia yang multikultur," kata Grace.