Semester I, Produksi Batu Bara di Jambi Naik

Semester I, Produksi Batu Bara di Jambi Naik

 

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi menyebutkan produksi batu baru di provinsi tersebut naik, menjadi 4,5 juta ton pada semester pertama 2018 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Pengusahaan Minerba pada Dinas ESDM Provinsi Jambi, Novaizal, di Jambi, Selasa, mengatakan produksi tersebut sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri.

"Dari total produksi selama periode tersebut, sebanyak 3,4 juta untuk memenuhi kebutuhan domestik seperti untuk bahan bakar pembangkit listrik dan perusahaan semen," katanya.

Sedangkan sisanya untuk kebutuhan pasar ekspor dengan tujuan ke berbagai negara, antara lain Tiongkok, Vietnam dan India.

Semester I tahun lalu produksi batu bara Jambi hanya mencapai 3,6 juta ton. Adapun daerah penghasil komoditas tambang tersebut, kata dia, adalah Kabupaten Sarolangun yang terdapat 13 perusahaan dan Kabupaten Bungo sebanyak enam perusahaan.

Sementara saat ini untuk harga batubara acuan (HBA) mencapai 100,89 Dollar AS per ton atau tergantung kualitas sulfur dan ash fusion temperature.

Sebelumnya pemerintah setempat menyatakan potensi batu bara di Provinsi Jambi mencapai 1,52 matrik ton (mt) berdasarkan data Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi. Selain itu disebutkan cadangan batu bara di Jambi sebanyak 800 juta metrik ton. (red)