Sudah Masuk Zona Hijau, Berapa Level PPKM di Jakarta?

Jakarta PPKM saat ini berada di level berapa menjadi pertanyaan jelang pengumuman keputusan PPKM terbaru nanti malam? Diketahui pada pelaksanaan PPKM di Jawa Bali, termasuk di Jakarta selama sepekan terakhir sudah mulai dilonggarkan. Antara lain mulai kegiatan di pusat perbelanjaan atau mall hingga olahraga outdoor.

Sudah Masuk Zona Hijau, Berapa Level PPKM di Jakarta?
Jakarta (ist)

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Jakarta PPKM saat ini berada di level berapa menjadi pertanyaan jelang pengumuman keputusan PPKM terbaru nanti malam?

Diketahui pada pelaksanaan PPKM di Jawa Bali, termasuk di Jakarta selama sepekan terakhir sudah mulai dilonggarkan. Antara lain mulai kegiatan di pusat perbelanjaan atau mall hingga olahraga outdoor.

Melihat dari Inmendagri Nomor 34 Tahun 2021, DKI Jakarta masuk dalam kategori PPKM level 4. Keputusan tersebut kembali diperjelas dengan diterbitkannya Keputusan Gubernur Nomor 987 Tahun 2021 yang mengatur perpanjangan PPKM level 4 di ibu kota.

"Menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 COVID-19 selama tujuh hari terhitung sejak tanggal 17 Agustus sampai 23 Agustus 2021," demikian bunyi Kepgub tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut DKI Jakarta kini sudah berstatus zona hijau COVID-19. Percepatan vaksinasi di ibu kota mendorong perubahan zona sehingga tercipta kekebalan komunitas atau herd immunity.

"Kita bersyukur Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity," kata Riza di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (22/8/2021).

Kendati demikian, Riza meminta warga tak abai dengan protokol kesehatan COVID-19. Dia mengimbau warga agar menjadikan prokes sebagai kebutuhan sehari-hari.

Meski kegiatan mulai dilonggarkan, DKI Jakarta masih dalam kategori PPKM level 4. Riza menjelaskan alasannya.

"Belum turun (dari) level 4 karena di Jakarta ini BOR-nya (dan) ICU-nya masih diisi warga non-DKI, masih banyak," kata Riza kepada wartawan, Minggu (22/8/2021).

Diketahui saat ini keterisian tempat tidur ruang isolasi di 140 RS COVID-19 sebesar 23 persen, sedangkan keterisian tempat tidur ICU 44 persen. Bahkan Riza menyebut banyak warga non-DKI yang dirawat di fasilitas kesehatan yang ada di Jakarta.

Menjelang pengumuman nasib PPKM Jakarta, Pemprov DKI mengaku siap menerima apa pun keputusan pemerintah pusat.

"Kami tunggu kebijakan pemerintah pusat terkait perpanjangan PPKM. Mudah-mudahan kebijakan yang diambil nanti sesuai dengan harapan kita bersama," sebutnya.

Sumber: detikcom
Editor: Ari