Tol Trans Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

Tol Trans Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

BRITO.ID, BERITA JAKARTA - Arus balik di jalan tol Trans Sumatera (JTTS) dari Terbanggi Besar-Bakauheni mulai dipenuhi kendaraan, menjelang Idul Fitri 1440 H atau tujuh hari sebelum Lebaran 2019.

Berdasarkan pantauan, Kamis (30/5/2019) di gerbang Tol Terbangi besar, kendaraan dari arah Jawa, ke Sumatera, di antaranya Palembang, Mesuji, Bengkulu, Jambi, Padang, dan Medan tetap ramai namun kondisi lalu-lintas tidak macet seperti beberapa jam sebelumnya.

Kemacetan sudah terurai di gerbang tol Terbanggi Besar dan gerbang tol Mesuji-Palembang karena jumlah petugas diperbanyak turun ke lapangan sehingga proses saat kendaraan untuk keluar masuk tol lebih cepat.

Beberapa pengendara mengharapkan petugas tol dan Kepolisan diperbanyak di titik-titik macet seperti di gerbang tol Terbanggi Besar-Bakauheni, dan Mesuji- Palembang, serta Pasar Bandarja karena tol fungsional Terbanggi, Mesuji, Palembang, tutup pada jam 17.00 sore.

Dengan demikian kendaran pemudik harus keluar di gerbang tol Terbangi Besar dan melanjutkan perjalanannya melalui Jalinsum untuk mencapai tempat merek masing-masing.

Berdasarkan pantauan arus mudik di JTTS didominasi dari arah Bakauheni ke arah Terbanggi Besar. Meski demikian kendaraan dari Terbanggi Besar ke Bakauheni juga masih ramai.

Sejumlah rest area mulai dari Mesuji sampai Bandarlampung baik di ruas Mesuji-Palembang atau sebaliknya dipenuhi kendaraan pemudik untuk beristirahat di sana dan sekedar membuang lelah serta mengisi bahan bakar kendaraan mereka.

Pemudik dari Pulau Jawa tujuan Pulau Sumatera yang menggunakan roda empat kini lebih banyak memilih lewat tol JTTS dibandingkan melalui jalinsum karena waktu tempuhnya lebih singkat.

Begitu juga arus mudik dari Sumatra ke Jawa umumnya memilih lewat tol baik dari Mesuji, Palembang dan lainnya dengan tujuan akhir Pelabuhan Bakauheni.

Sampai di Pelabuhan penyebrangan itu para pemudik akan diantarkan ke Pelabuhan Merak Banten untuk menuju ke tempat tujuan masing-masing. (RED)