Usman Chalik Dilaporkan Diduga Merubah Suara, Begini keputusan Gakkumdu Muarojambi

Usman Chalik Dilaporkan Diduga Merubah Suara, Begini keputusan Gakkumdu Muarojambi

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Calon anggota legislatif terpilih dari Daerah Pemilihan II (Kumpeh Ulu-Kumpeh) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Usman Chalik dilaporkan ke Bawaslu Muarojambi beberapa waktu lalu. Dia dilaporkan Rusli Evan yang masih satu partai diduga merubah hasil penghitungan suara.

 

"Iya dilaporkan oleh Rusli Evan atas dugaan pemindahan suara di TPS 6 dan 7 Desa Sungai Aur Kecamatan Kumpeh," kata Ketua Bawaslu Muarojambi Yusuf saat dihubungi BRITO.ID melalui sambungan telepon, Kamis (30/5/19).

 

Diterangkan Yusuf, pada pembahasan pertama diterimanya laporan ini, pihak Bawaslu menganggap laporan ini memenuhi unsur untuk ditindaklanjuti. SelanjutnyaTim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) menindaklanjuti laporan ini dengan melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak terkait.

 

"Selanjutnya kita (Gakkumdu) melakukan klarifikasi pihak terkait mulai dari tingkat seperti KPPS, PPK serta pengawas," papar Yusuf.

 

Dari sekitar delapan yang dimintai keterangan dan diklarifikasi, tim Gakkumdu pun akhirnya membuat keputusan dan kesimpulan.

 

"Setelah kita klarifikasi, suara yang dilaporkan memang milik Usman Chalik. Hasilnya sesuai. Memang ada kesalahan penulisan, namun sudah dikkarifikasi sejak tingkat bawah. Setelah menyimpulkan keterangan saksi, Gakkumdu memutuskan tidak ditemukan adanya kecurangan di situ,” pungkas Yusuf. (red)

 

Kontributor : Romi R