Viral! Kabar 'Innalillahi Selamat Jalan untuk Selamanya Ucok Baba', Begini Faktanya....

Beredar akun yang membagikan narasi kabar duka "Innalillahi Selamat Jalan Untuk Selamanya Ucok Baba" di media sosial. Kabar ini dibagikan oleh akun Facebook AYUNI. Akun ini menyertakan tautan dari laman insegnia[dot]xyz dengan judul sama seperti narasi postingannya.

Viral! Kabar 'Innalillahi Selamat Jalan untuk Selamanya Ucok Baba', Begini Faktanya....
Istimewa. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA VIRAL - Beredar akun yang membagikan narasi kabar duka "Innalillahi Selamat Jalan Untuk Selamanya Ucok Baba" di media sosial. Kabar ini dibagikan oleh akun Facebook AYUNI. Akun ini menyertakan tautan dari laman insegnia[dot]xyz dengan judul sama seperti narasi postingannya.

Tautan tersebut memiliki judul “Innalillahi, Selamat Jalan Untuk Selamanya, ucok baba:SAMPAIKAN Berita Duka Cita atas meninggal nya…”

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

“Innalillahi, Selamat Jalan Untuk Selamanya, ucok baba:SAMPAIKAN Berita Duka Cita atas meninggal nya…”

Lantas benarkah klaim ini?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi “Innalillahi, Selamat Jalan Untuk Selamanya, ucok baba:SAMPAIKAN Berita Duka Cita atas meninggal nya…” tidak benar.

Hal ini diketahui dari akun Instagram resmi Ucok Baba, @ucokk.baba. Akun Ucok Baba menunjukkan dirinya tidak membagikan kabar duka.

Pada postingan terakhirnya, Ucok Baba terlihat membagikan acara podcast miliknya. Podcast itu memiliki narasi postingan “Saksikan tayangan terbaru di Youtube Channel Ucok Baba Official Podcast sore ini jam 17.15 WIB jangan lupa yaa nonton yaa brayy…”

Selain itu, foto yang dijadikan thumbnails pada postingan dan foto headline di laman insegnia[dot]xyz diketahui berasal dari artikel fame.grid.id.

Artikel itu berjudul “Lama Tak Terdengar Kabarnya, Begini Nasib Ucok Baba Banting Setir Jadi Pengusaha Durian dan Ketua Kominitas Orang Mini”. Berita tersebut telah tayang pada 19 Februari 2020.

Selain itu, isi artikel dari laman insegnia[dot]xyz diketahui menyadur berita dari laman bagikan berita.pikiran-rakyat.com. Judul artikel adalah “Innalillahi, Selamat Jalan untuk Selamanya, Adelia Istri Pasha Ungu Sampaikan Berita Duka Cita” yang tayang pada 2 Maret 2021.

Isi dari berita tersebut mengenai ucapan belasungkawa istri Pasha Ungu, Adelia Pasha, atas meninggalnya artis Rina Gunawan. Dalam artikel itu tidak ditemukan pernyataan dari Ucok Baba.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, maka narasi “Innalillahi, Selamat Jalan Untuk Selamanya, ucok baba:SAMPAIKAN Berita Duka Cita atas meninggal nya…” adalah hoaks.

Narasi itu masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Sumber: Suara.com
Editor: Ari