Wahai Petani Karet, Jika Menang Sandi Janjikan Harga Karet Lebih Baik

Wahai Petani Karet, Jika Menang Sandi Janjikan Harga Karet Lebih Baik

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno, Jumat menyempatkan diri menyadap pohon karet milik warga di Ness Desa Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muarojambi. Dia juga berdialog bersama warga terkait harga karet yang rendah.

Di hadapan petani karet, Sandi menjanjikan jika terpilih akan membuat harga karet lebih baik. Selain itu akan membuat industri di Indonesia agar karet bisa diolah di negara sendiri.

"Ke depan program bila terpilih adalah meningkatkan ekonomi, membuat harga karet lebih baik dan akan membangun industri pengolahan," kata Sandi.

Selama ini lanjutnya petani hanya melihat bentuk karetnya saja. Sebab itu harus ada pabrik pengolahan dan kesejahteraan petani diutamakan. Sementara dalam dialog bersama petani setempat, diketahui harga jual karet hanya Rp7.000 per kilogram.

Menurut petani harga tersebut tidak berbanding dengan kebutuhan rumah tangga yang kian meningkat. Selain harga karet, warga setempat juga mempertanyakan program yang akan diterapkan Prabowo-Sandi dalam menyejahterakan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

Ifta, salah satu pelaku UMKM yang memproduksi jamur tiram, dihadapan Sandi mengatakan dirinya merasakan kesulitan memasarkan produk dari desa dan untuk label halal sangat susah didapat.

Mendengar keluhan itu, Sandi dihadapan warga menawarkan program OK OC yang dikhususkan untuk pelaku UMKM.

"Dalam program OK OC nantinya dibantu mulai perizinannnya, pelatihan pendampingan, pemasaran dan jika sudah besar dibantu akses permodalannnya. Progam OK OC ini sangat mendukung UMKM," kata Sandi menambahkan. (red)