42 Gardu Rusak Akibat Puting Beliung, Ini Langkah PLN

42 Gardu Rusak Akibat Puting Beliung, Ini Langkah PLN

BRITO.ID, BERITA KUPANG - PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur berhasil memulihkan 42 gardu listrik yang rusak akibat puting beliung yang melanda pemukiman warga Kelurahan Liliba dan Penfui, Kota Kupang pada Kamis (28/2).

"Semua gardu jumlahnya sekitar 42 gardu yang terkena dampak puting beliung beberapa hari lalu sudah kami pulihkan sehingga pasokan listrik ke rumah-rumah sudah berjalan kembali," kata General Manager PT PLN Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko di Kupang, Senin
(4/3).

Ia mengatakan jumlah pelanggan yang terkena dampak gangguan pasokan listrik akibat bencana puting beliung itu mencapai sekitar 3.400 pelanggan.

Rendroyoko mengatakan setelah bencana alam berupa angin puting beliung itu terjadi, pihaknya langsung mengerahkan sekitar 20 personel ke lapangan untuk melakukan pendataan hingga pemulihan gardu dan jaringan listrik.

"Sampai hari ini kami masih siagakan empat regu di lapangan untuk lakukan pemulihan untuk beberapa rumah yang belum menyala," kata dia.

Bencana alam berupa angin puting beliung itu telah memorak-porandakan sekitar 162 rumah warga yang tersebar di Kelurahan Liliba dan 22 rumah warga di Kelurahan Penfui.

Rendroyoko mengatakan sebagian besar jaringan lisrik ke rumah-rumah warga sudah dipulihkan dan hingga hari masih tersisa sekitar 20-an rumah.

"Untuk rumah warga yang belum ini kami masih menunggu perbaikan rumahnya baru listriknya bisa diinstalasi kembali," kata dia.

Pihaknya mengimbau kepada warga setempat, apabila ada gangguan listrik di rumah-rumah yang listriknya sudah tersambung, agar segera menghubungi pihak PLN melalui nomor 123 dengan kode area 0380, maupun melalui aplikasi PLN Mobile.

Berdasarkan laporan tersebut, petugas PLN segera melakukan tindak lanjut supaya pasokan listrik kepada pelanggan segera pulih.
(RED)