Alhamdulillah, Penyekatan Masuk Kota Jambi Dicabut Walikota

Walikota Jambi, Syarif Fasha resmi tidak memperpanjang penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Alhamdulillah, Penyekatan Masuk Kota Jambi Dicabut Walikota
Rapat yang Digelar Pemkot Jambi Bersama Forkopimda (ist)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Walikota Jambi, Syarif Fasha resmi tidak memperpanjang penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

"Kebijakan ini kita ambil dari trend kasus Covid-19 yang turun signifikan. Kemudian tingkat kesembuhan meningkat signifikan," kata Walikota Jambi, Syarif Fasha, Minggu 29 Agustus 2021.

Dengan berakhirnya penyekatan tersebut, Fasha mengatakan, penyekatan perbatasan dan setiap spot bagian dalam wilayah Kota Jambi besok tidak ada lagi. Sehingga masyarakat pun dapat lebih leluasa untuk berkendara. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Brito.id, Walikota Jambi, Syarif Fasha bahkan telah mengumumkan perihal perpanjangan masa PPKM tersebut. Hal tersebut sesuai keputusan Kemendagri RI Nomor 36 Tahun 2021.

"Saat ini kita tetap menjalankan PPKM level 4 sebagaimana yang disampaikan Kemendagri RI dalam bentuk keputusan Kemendagri RI Nomor 36 Tahun 2021," ujarnya. 

Meski PPKM diperpanjang, kata Fasha, namun ada pelonggaran untuk pembukaan pusat perbelanjaan hingga rumah ibadah.

Hanya saja, pelonggaran tersebut harus memenuhi syarat yang telah ditentukan yakni maksimal berkapasitas 25 persen.

Kini kabar gembira kembali diumumkan jika penyekatan PPKM di Kota Jambi dihentikan, sektor non-esensial dan pelayanan dine in (mengonsumsi di tempat) di restoran maupun kafe, sudah boleh dibuka. Sedangkan akad nikah dan resepsi pernikahan boleh digelar, tetapi hanya di tempat tertentu. 

"Akad nikah tidak boleh dilakukan di rumah, melainkan hanya boleh di tempat ibadah atau Kantor Urusan Agama (KUA). Kemudian resepsi hanya boleh di gedung dengan jumlah tamu yang terbatas," kata dia. 

Namun, hasil dari selama pengetatan PPKM level 4 di Kota Jambi, Fasha bilang belum bisa disampaikan sekarang. Hal ini disebabkan hasil evaluasi dan analisisnya dapat diketahui pada 7 hari ke depan. 

"Jadi untuk hasil pengetatan selama PPKM akan kita baca pada tanggal 5 dan 6 September tahun 2021," bebernya.

Sementara update data kasus Covid-19 pertanggal 29 Agustus tahun 2021 di Kota Jambi mencapai 790 kasus. Sedangkan pasien yang sembuh bertambah 108 dan meninggal bertambah dua orang dengan jumlah keseluruhan 9.004 orang. 

Kontributor: Loadry Apryaldo
Editor: Rhizki Okfiandi