Antisipasi Kabut Asap Kian Tebal Polisi dan BPBD Bagi-bagi Masker

Antisipasi Kabut Asap Kian Tebal Polisi dan BPBD Bagi-bagi Masker
Polisi bagi masker. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kabut asap di Kabupaten Muaro Jambi sampai hari ini, Jumat (16/8/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, semakin tebal. 

Kabut asap yang terjadi membuat jarak pandang berkurang dan mata pedih saat berkendara. Para pengendara motor yang melintas di depan gapura perkantoran Muarojambi diberi masker gratis oleh polisi. 

Sedikitnya ada 500 helai masker dibagikan secara cuma-cuma untuk mengantisipasi dampak kabut asap yang terjadi.

"Hari ini kabut asap semakin tebal. Jadi kita bagikan masker untuk pengendara motor. Ini juga bertujuan agar masyarakat kita tidak terkena penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat menghirup asap itu," kata Kasat Lantas Polres Muaro Jambi, Iptu Yurike Ade Purwanti melalui Kanit Laka Aipda Suwondo, Jum'at (16/8/19).

Dikatakan Suwondo, untuk sementara ini pihaknya baru membangikan masker kepada pengendara motor yang melaintasi jalur perkantoran Bupati Muarojambi saja.

"Setelah ini kita juga akan membagikan di kecamatan lainnya," ujarnya.

Aipda Suwondo juga menyebutkan bahwa, dengan tebalnya kabut asap ini, ia mengimbau kepada pengendara motor maupun mobil untuk menyalakan lampu kendaraannya.

"Karena kabut asap yang tebal ini, kita minta pengendara menyalakan lampu di siang hari, agar tidak terjadi kecelakaan," tandasnya.

Di hari yang sama, pembagian masker juga dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaro Jambi. BPBD menyasar sekolah-sekolah yang ada di Muarojambi baik SD maupun SMP.

"Hari ini kita membagikan masker ke anak-anak sekolah. Untuk saat ini baru dibagikan ke sekolah yang ada di Kecamatan Maro Sebo," sebut M Zakir, Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi.

Dijelaskan Zakir, pemberian masker kepada anak-anak SD maupun SMP ini, dikarenakan anak usia sekolah rentan terkena penyakit ISPA. 

"Besok saat pelaksanaan upacara HUT RI ke-74, kita juga akan memberikan masker kepada para peserta upacara," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muarojambi, Firmansyah menyampaikan bahwa, di hari Kamis (15/8/2019) kemarin, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) memasuki kategori waspada dan di angka 79 mg/I.

"Sedangkan untuk hari ini belum bisa disampaikan, karena terbacanya nanti pada pukul 16.00 WIB," sebut Firmansyah singkat. (RED)

Kontributor : Romi R