BPBD Jambi Siap Kirimkan Personel Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu

BPBD Jambi Siap Kirimkan Personel Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi siap mengirim personil untuk membantu operasi penanganan pascagempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah di Jambi, Sabtu mengatakan dirinya sudah menyiapkan personil-personil untuk diberangkatkan ke Sulteng jika memang dibutuhkan.

"Kami siap jika memang diperlukan. Kita masih menunggu instruksi jika dibutuhkan kita kirim sekitar 50-100 Tim TRC atau sesuai dengan kebutuhan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas B Jambi, Al Hussain menyebutkan juga siap mengirim Tim SAR Jambi untuk membantu operasi penanganan dan pencarian korban gempa dan suami di Donggala dan Palu.

Hussain mengatakan personil Basarnas yg dikerahkan ke Palu dan Donggala sementara ini dari Banjarmasin, Balikpapan, Kendari, Makassar dan BSG (personil elit Basarnas). "Kita di Jambi tinggal tunggu perintah. Diperintahkan bergerak, Insha Allah kita siap bergerak dan kita siapkan personil 20 orang," ujarnya.

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) petang sekitar pukul 18.02 WITA dengan pusat gempa dua KM arah Utara Kota Donggala pada kedalaman 10 KM dan memicu tsunami.

Hingga kini TNI, Basarnas, BPBD dan PMI sudah turun ke lokasi untuk melakukan pertolongan kepada warga yang menjadi korban gempa. Dan belum diketahui secara pasti jumlah korban meninggal maupun korban luka. (red)