Cara Membuat Database Menggunakan MySQL Database Melalui cPanel

Cara Membuat Database Menggunakan MySQL Database Melalui cPanel

BRITO.ID, JAMBI - Feature cPanel adalah sebuah kontrol panel web hosting yang disediakan oleh layanan hosting untuk memudahkan pemilik website melakukan pengaturan melalui tampilan web. Tersedia berbagai macam tool untuk mengontrol dan menjalankan website, salah satunya adalah tool untuk membuat database.

Diartikel ini, saya hanya membahas bagaimana membuat database secara langsung melalui cPanel, dan diartikel berikutnya saya akan membahas,membuat database di localhost komputer anda sendiri, sehingga bisa anda jalankan tanpa menggunakan koneksi internet.

Jika Anda menggunakan hosting yang menggunakan cPanel, untuk membuat database dapat dilakukan dengan mudah melalui menu yang tersedia untuk melakukan pengaturan database. cPanel merupakan kontrol panel web hosting yang paling populer.

Tampilan sederhana yang dimiliki cPanel membuatnya cukup mudah untuk digunakan, bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Selain untuk membuat database baru, melalui cPanel Anda dapat mengelola email, mengupload file website, dan lainnya.

ARTIKEL TERKAIT
Belajar Programing: Mengenal PhpMyAdmin Untuk Pemula

 

Untuk membuat database, silakan ikuti langkah berikut ini.

1. Silakan login ke cPanel

2. Kemudian klik menu MySQL Databases yang berada pada kolom Databases

cara membuat database mysql baru

3. Masukkan nama database baru pada kolom New Database kemudian tekan tombol Create Database untuk membuat database baru. (Pastikan untuk database yang Anda buat tidak memiliki nama yang sama dengan database yang sudah ada)

tambah database baru

4. Silakan kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Go Back.


5. Tambahkan user baru pada bagian Add New User, isi nama user pada kolom Username, beserta password pada kolom Password, kemudian klik tombol Create User untuk membuat user baru.

6. Setelah itu klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.


7. Jika database dan user sudah Anda buat, selanjutnya adalah menambahkan user pada database. Pada bagian Add User To Database silakan pilih user dan database melalui menu drop down yang telah Anda buat, kemudian klik tombol Add untuk menyimpan perubahan.


8. Silakan centang pilihan ALL PRIVILEGES kemudian tekan tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

pilih privileges

Pada langkah ini cara membuat database di MySQL melalui cPanel sudah berhasil Anda lakukan.

Nah, langkah diatas adalah cara langsung membuat database didalam cPanel anda, diartikel selanjutnya saya akan memberikan informasi cara membuat database dilocalhost komputer anda, untuk persiapan anda,sebaiknya mendownload tools Xampp terlebih dahulu. 

 

Penulis : wawan

 

Kumpulan "Berita Jambi" Terkini