Dana Desa dan ADD Kabupaten Muarojambi Naik 4,04 Persen

Dana Desa dan ADD Kabupaten Muarojambi Naik 4,04 Persen
Raden Najmi (Romi Raden/Brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kucuran dana baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk desa di Kabupaten Muarojambi mengalami kenaikan pada anggaran 2020 mendatang. Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) meningkat sebesar 4.04 persen pada tahun depan dibanding DD dan ADD yang tersedia pada 2019.

"Iya, mengalami peningkatan baik DD maupun ADD pada tahun 2020 mendatang," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Muarojambi, Raden Najmi saat dikonfirmasi, Rabu (11/12).

Raden mengatakan, Dana Desa pada 2019 sebesar Rp123,2 Milliar naik sebesar 4,04 persen sehingga total DD pada 2020 menjadi Rp127,1 Milliar. Kenaikan yang sama turut terjadi pada ADD. Pada 2019 ini, ADD yang dikucurkan sebesar Rp87,2 Miliar naik sebesar 4,04 persen sehingga jumlah ADD pada tahun depan menjadi sebesar Rp90,7 Milliar. 

"Naik sebesar 4,04 persen dari besaran masing-masing DD dan ADD tahun ini. Khusus kenaikan ADD kita laksanakan untuk memenuhi PP 11 tahun 2019 tentang penghasilan tetap kepala desa dan perangkatnya," ujarnya. 

Raden menyebut, kenaikan Alokasi Dana Desa pada 2020 akan membawa dampak positif bagi kepala desa dan seluruh perangkat desa. Sebab, pada tahun mendatang penghasilan tetap dan tunjangan kades, Sekdes, BPD dan perangkat lainnya akan meningkat. 

"Tahun depan, Gaji Kades beserta tunjangannya bisa mencapai Rp3,5 juta perbulan. Sekdes non PNS dapat Rp2,6 juta perbulan. BPD itu dapat Rp1 juta perbulan dan Sekretaris BPD dapat Rp800 ribu perbulan," ujarnya. 

Dana Desa pada 2020 mendatang penggunaannya masih diprioritaskan untuk melanjutkan pembangunan sarana dan prasarana yang belum selesai atau belum tuntas, dengan menitikberatkan pembangunan ke arah peningkatan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

"Prioritas Dana Desa untuk sarana dan prasarana serta peningkatan SDM yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Penulis: Romi Raden
Editor: Ari