Dari Provinsi se-Indonesia, Jambi Urutan ke-22 Selesaikan RZWP3K

Dari Provinsi se-Indonesia, Jambi Urutan ke-22 Selesaikan RZWP3K
FGD RZWP3K Jambi (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Usai melalui proses panjangan pembahasan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil (RZWP3K), Pemerintah Provinsi Jambi akhirnya berhsil menyelesaikan dokumen ini. Dari 33 Provinsi, Jambi merupakan nomor urut 22 yang selesai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto, Senin (8/7/2019) mengatakan, penyelesaian dokumen RZWP3K telah melalui Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi 1 Juli 2019. 

"Fraksi-fraksi Dewan telah menyampaikan pandangan umum terhadap rancangan peraturan RZWP3K. Pansus pembahasan Ranperda RZWP3K telah dibentuk," ujarnya.

Dijelaskannya, walaupun dokumen RZWP3K telah final, akan tetapi sesuai dengan Pasal 5 ayat (2) Ranperda, apabila di kemudian hari ada perubahan atau masukan lain akan dilakukan peninjauan kembali dalam kurun waktu lima tahun sekali.

"Kita telah sepakat serta menandatangani berita acara Dokumen Final RZWP3K Provinsi Jambi. Semua itu berdasarkan Permen KP No. 23 Tahun 2016," katanya.

Maka hasil pertemuan ini menjadi dasar dalam proses selanjutnya. Yaitu pasal 33 mendapatkan surat tindak lanjut dari Rancangan Zonasi  Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI. 


"Kita berharap program RZWP3K ini bisa bermanfaat untuk pemerintah serta masyarakat yang berada di wilayah pesisir, yaitu Tanjung Jabung barat serta Tanjung Jabung Timur," pungkasnya. (RED)

Reporter : Deni