Di Jambi, JapaFest Hadirkan Karya Seni Pertunjukan Seniman Akademisi Kelas Dunia

Sebagai lembaga nirlaba di bidang seni budaya, Incung Art & Culture Management terus melaksanakan kegiatan yang positif. Kini menggelar Jambi Performing Art Festival (JapaFest) di Taman Budaya Jambi atau Gos Sungai Kambang, 31 Agustus sampai 1 September 2018.

Di Jambi, JapaFest Hadirkan Karya Seni Pertunjukan Seniman Akademisi Kelas Dunia

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sebagai lembaga nirlaba di bidang seni budaya, Incung Art & Culture Management terus melaksanakan kegiatan yang positif. Kini menggelar Jambi Performing Art Festival (JapaFest) di Taman Budaya Jambi atau Gos Sungai Kambang, 31 Agustus sampai 1 September 2018.

Incung melibatkan puluhan seniman dari tiga kota, yakni Jambi, Padang Panjang dan Medan. Bahkan beberapa tokoh teater Indonesia seperti Yusril Katil menurunkan karya Bangku Kayu dan Kamu yang Tumbuh di Situ.

  BACA JUGA
Harga Karet di Jambi Naik Rp1000 Per Kilogram

Selanjutnya tokoh Randai Sumatera Barat, Zulkifli dengan judul Si Rabuang Ameh. Lalu drama tari yang digagas Nurwani, Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) dengan judul Ratok Lareh Pengulu. Terakhir, dari Jambi Defni Aulia yang mengusung musik etnik yakni Rinok. 

"JapaFest sebagai medium untuk menampilkan karya terbaik seniman sumatera. Tahun pertama kita laksanakan sudah melibatkan puluhan seniman, dari tiga kota, Medan, Padang Panjang dan Jambi," kata Ketua Panitia JapaFest, Suwandi kepada awak media di Taman Budaya Jambi, Kamis (31/8).

Kata pria yang akrab dipanggil Wendy, JapaFest menyedot perhatian seniman teater, tari, musik dan sastra di Sumatera. Kendati demikian, dengan alasan menjaga kualitas, Incung membatasi peserta, yakni seniman yang memiliki latar belakang akademisi seni.

Ada tiga kampus yakni dari Universitas Jambi, Universitas Negeri Medan dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Secara kekaryaan, beberapa karya yang ditampilkan di JapaFest sudah berkelas dunia. Sebab telah dipentaskan dibeberapa negara di Asia dan Eropa.

  BACA JUGA
Meski Ditolak, Deklarasi #2019GantiPresiden di Jambi Tetap Digelar

Lebih jauh, Wendy berharap pertunjukkan dengan kualitas dan misi yang jelas ini diapresiasi masyarakat secara luas. Untuk itu, dia mengundang agar masyarakat Jambi, untuk datang menonton di gedung Arena Taman Budaya Jambi atau Gos Sungai Kambang yang dilaksanakan Jumat malam (31/8) pukul 19.00 WIB dan Sabtu malam (1/9) pukul 19.00 WIB (*/ron)