Dinas Peternakan Minta Warga Hati-hati dan Teliti Membeli Hewan Kurban

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018, sejumlah pedagang musiman hewan kurban mulai bermunculan. Termasuk di Kota Jambi.

Dinas Peternakan Minta Warga Hati-hati dan Teliti Membeli Hewan Kurban

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018, sejumlah pedagang musiman hewan kurban mulai bermunculan. Termasuk di Kota Jambi.

Sejumlah pedagang musiman ini mengaku, hampir setiap tahun berjualan hewan kurban. Seperti yang dituturkan Aan.

Kata dia untuk tahun ini ia berjualan di kawasan Kampung Bugis. Hingga saat ini sudah ada 4 ekor kambing yang telah laku terjual.

  ARTIKEL TERKAIT
Kebutuhan Hewan Kurban Tahun 2018 Meningkat di Kota Jambi

"Biasanya pembeli mulai ramai pada H-5 jelang lebaran. Saat ini baru laku 4 dan mereka baru pesan, jadi tidak langsung diambil namun dititipkan sejenak," kata Aan.

Harga yang ditawarkan bervariasi antara Rp2.600.000 sampai Rp3.000.000. Kambing yang ia jual berasal dari Lampung dengan janin kambing otawa.

Menanggapi mulai maraknya pedagang musiman ini, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Kehutanan (DP3K) Kota Jambi Said Abu Bakar mengatakan jika masyarakat diminta harus lebih berhati-hati dan jeli dalam membeli hewan kurban. Apalagi pedagang musiman yang mulai muncul saat ini belum mengantongi lisensi kesehatan hewan.

"Dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang akan diperjual belikan oleh pedagang pada Hari Raya Idul Adha nantinya khusus di Kota Jambi," katanya.

Menurut dia untuk tahun ini kebutuhan hewan kurban di Kota Jambi untuk sapi mencapai 1.776 ekor. Kerbau 95 ekor, kambing 800 ekor dan ayam potong 15 - 16 ton. (sai)

 

Kumpulan "Berita Jambi" Terkini