Dipancing Pulang ke Rumah, Pencuri Sapi Ini Tak Berkutik Ditangkap Polisi

Polsek Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo-Jambi meringkus satu orang yang diduga kuat sebagai pelaku pencurian ternak. Hartono bin Suparman (35) warga Desa Lubuk Kecamatan Pelepat Ilir diamankan bersama barang bukti yang ditemukan polisi, sekitar pukul 17.30 WIB di belakang rumah Subakir di Jalan Tanjung Desa Lubuk.

Dipancing Pulang ke Rumah, Pencuri Sapi Ini Tak Berkutik Ditangkap Polisi
Lokasi ditemukannya jeroan sapi (brito.id)

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Polsek Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo-Jambi meringkus satu orang yang diduga kuat sebagai pelaku pencurian ternak. Hartono bin Suparman (35) warga Desa Lubuk Kecamatan Pelepat Ilir diamankan bersama barang bukti yang ditemukan polisi, sekitar pukul 17.30 WIB di belakang rumah Subakir di Jalan Tanjung Desa Lubuk.

Penangkapan ini dibenarkan Kapolres Bungo AKBP M Lutfi didampingi Paur Humas Iptu M Nur, Jumat (4/12). 

"Benar pelaku diamankan, bersama barang bukti mobil yang diduga angkut sapi curian. Serta kecepek dan lainnya," terangnya.

Korban A Sarpai (48) warga Dusun Lubuk Kecamatan Pelepat Ilir mengaku telah kehilangan ternak sapi.

Kejadian berawal pelapor menitipkan sapinya dengan sistem bagi hasil kepada saksi. Diketahui pula saksi Subakir biasa merawat dan mengikat sapi di belakang rumahnya. Pada hari Kamis tanggal 03 Desember 2020 sekira pukul 05.30 WIB saksi mengecek dan mendapati sapi di kandangnya.

Hartono bin Suparman yang diamankan polisi. (Brito.id)

Kemudian sekitar pukul 08.00 WIB ada warga menemukan jeroan sapi di kebun karet yang berjarak sekitar 1 km dari tempat sapi tersebut di ikat.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp 16 juta. Korban melaporkan ke Polsek Pelepat lir guna pengusutan lebih lanjut.

Unit Reskrim Polsek Pelepat Ilir yg dipimpin oleh Ipda Ahmad Daldiri melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi bahwa yang diduga pelaku sedang berada di daerah Rimbobujang, Kabupaten Tebo. Tim memancing yang diduga pelaku tersebut agar pulang ke rumahnya. Setelah ditunggu kemudian yang diduga pelaku pulang ke rumahnya.

"Tim mengamankan pelaku sedangkan teman pelaku berhasil kabur melarikan diri. Hartono mengaku telah melakukan pencurian ternak jenis sapi. Kemudian pelaku dibawa ke Polsek Pelepat Ilir guna penyidikan lebih lanjut," terang M Nur. 

Barang bukti yang disita Toyota Kijang LGX BH 1572 OL, satu senpi rakitan jenis kecepek beserta 5 buah besi amunisi. Dua bilah pisau bersarung, satu senter kepala, dua plastik berisi bubuk mesiu dan satu gulung tali plastik. (red)