Duh!! Pak Bupati Bungo Harga Bawang Putih Tembus Rp100 Ribu

Duh!! Pak Bupati Bungo Harga Bawang Putih Tembus Rp100 Ribu

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H ini harga bawang putih melejit naik. Seperti yang beredar di Pasar Bungur dan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Bungo, Kecamatan Batang Bungo, harga tembus angka Rp 100 per kilogram atau naik 100 persen dari harga biasanya.


"Harga bawang putih naik dari harga sebelumnya. Harga bawang putih biasanya per kilogram masih kisaran Rp 35 sampai 50 ribu. Sekarang mayoritas pedagang menjual bawang putih Rp 100 ribu per kilogram," kata Rini Warga Pasir Putih, Minggu (5/5).

Menurut Rini harga ini terbilang sangat tinggi sehingga banyak masyarakat terutama Ibu Rumah Tangga (IRT) yang mengeluh. Bahkan, menurutnya harga kebutuhan pokok dan harga komoditas lainnya juga mengalami kenaikan.

"Harga kebutuhan pokok dan harga komoditas sayuran minggu ini mengalami kenaikan.Tetapi masih bisa kita katakan standar naiknya. Tapi yang membuat kami pusing harga bawang putih naik 100 persen. Selain harga bawang putih harga daging ayam, daging sapi naik. Ya kita berharap agar harga bawang putih dan harga lainnya bisa kembali normal karena kalau naik terus ini akan menjadi beban bagi kami selaku IRT," keluhnya.

Ia juga berharap agar pemerintah daerah bisa memberikan solusi sehingga harga kebutuhan pokok dan lainnya bisa stabil.

"Kita harapkan kepada pemerintah agar bisa mengambil langkah seperti sidak dan lainnya. Kenaikan harga terutama bawang memang karena ketersedian yang tidak ada atau gimana itu segera harus diatasi," harapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang bawang, Yani mengatakan, kenaikan harga ini buntut dari stok bawang putih yang menipis. Saat ini memang ada pasokan hasil impor, namun belum beredar di Bungo.

"Memang stok bawang putih menipis di daerah kita, makanya harganya Rp 100 ribu bahkan bisa lebih jika dijual eceran," katanya.

Ia juga menambahkan, Berbeda dengan bawang merah yang masih dengan harga standar, yakni kisaran Rp hingga 30 ribu hingga Rp35ribu. Itupun karena stok bawang merah lokal masih tersedia banyak. (red)