Eritrea Larang Orang Ethiopia Melintas Perbatasan

Eritrea Larang Orang Ethiopia Melintas Perbatasan

BRITO.ID, BERITA ADDIS ABABA - Eritrea melarang masuk orang Ethiopia di salah satu perlintasan perbatasan, yang dibuka pada tahun ini sesudah kedua negara yang bertetangga itu mengakhiri pertikaian lama dan memulihkan hubungan, kata pejabat Ethiopia dan warga pada Jumat.

Liya Kassa, wanita juru bicara pemerintah daerah di wilayah Tigray, yang berbatasan dengan Eritrea, menyatakan warga Ethiopia dan kendaraan bernomor Ethiopia, yang melakukan perjalanan ke Eritrea dari kota Rama di Ethiopia, dimintai "surat izin" pada Rabu. Yang menggunakan persimpangan di Zalambessa diminta hal sama pada Kamis, katanya.

"Pembatasan itu hanya diberlakukan di pihak Eritrea," katanya, "Kami tidak menerima pemberitahuan sebelumnya." Tidak jelas mengapa orang Ethiopia dicegah masuk di persimpangan Zalambessa, yang ditutup pada Kamis pagi dan masih ditutup pada Jumat, kata Solomon Desta, pengemudi minibus di sisi Ethiopia, melalui telepon.

Penyeberangan itu dibuka pada September, sesudah kedua negara tersebut sepakat menarik pasukan sebagai bagian dari upaya rujuk.

Ribuan orang menyeberang sejak itu. Perdagangan berkembang dan keluarga terpisah sejak perang meletus antara Ethiopia dengan Eritrea pada 1998 bersatu kembali.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Ethiopia kepada wartawan pada Kamis menyatakan tidak memiliki keterangan tentang pembatasan perbatasan. Menteri Penerangan Eritrea, Yemane Ghebremeskel, tidak menanggapi panggilan telepon pada Jumat.

Tsegaye Kassaye, montir ban di perbatasan sisi Ethiopia, melalui telepon menyatakan warga Eritrea diizinkan memasuki Eritrea dan warga Ethiopia diizinkan pergi.(red)