Jalan Empat Desa di Sarolangun Terancam Putus, Begini Kata PU

Jalan Empat Desa di Sarolangun Terancam Putus, Begini Kata PU

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Cuaca ekstrim dengan kondisi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang menyebabkan akses jalan beberapa desa menjadi rusak.

 

Bukan hanya rusak di daerah itu, tetapi mengakibatkan akses jalan menuju empat desa yang terletak di pedalaman Kecamatan Bathin VIII terancam putus.

 

Empat Desa itu Desa Pulau Buayo, Desa Rantau Gedang, Desa Muaro Lati dan Desa Tanjung Gagak.

 

Pasalnya jembatan jalan poros yang berada di perbatasan antara Desa Batu Penyambung dengan Desa Pulau Buayo runtuh, hal ini disebabkan curah hujan beberapa hari ini belakangan terjadi di wilayah itu.

 

Terlihat badan jalan sudah tergerus oleh reruntuhan dan sudah menjadi lobang besar. Warga terpaksa memasang penanda dengan menancapkan sebilah kayu.

 

Yani Salah seorang warga mengatakan jika melihat kondisi jalan tersebut dirinya dan warga lain sangat khawatir, sebab jalan tersebut merupakan satu-satunya akses warga setempat menuju jalan lintas sumatra atau keluar dari pedesaan. Disamping itu, Jalan tersebut juga merupakan akses jalan pintas bagi warga kecamatan batang asai untuk menuju kota sarolangun.

 

"Kalau dibiarkan terus otomatis jalan pasti putus, nah empat desa dalam ini termasuk Desa Pulau Buayo aktivitasnya pasti terganggu, sebab itu jalan satu-satunya menuju keluar, bahkan warga Batang Asai juga sering lewat sini," kata Yani Warga Pulau Buayo.

 

Ia berharap kepada pihak terkait agar segera melihat kondisi dan mengambil langkah pasti, sebab jika dibiarkan lama kelamaan jalan tersebut pasti putus dan melumpuhkan aktifitas warga.

 

"Apa lagi sekarang musim hujan, kalau hujan pasti dikit demi sedikit tebing box (jembatan)  itu runtuh. kami berharap nian agar segera memperbaiki," katanya

 

Dikonfirmasi Kabid Bina Marga Hadi Sarosa mengatakan sudah cek lokasi. “Kemarin kita sudah turun ke lokasi.Untuk sementara kita tangani sementara dengan dana swakelola menjelang kita anggarkan Box ditahun depan," ungkap Hadi Sarosa pagi ini (14/06/2019). (red)

 

Reporter:  Arfandi S