DPUPR Sarolangun Tertarik Memanfaatkan Karet Bahan Baku Campuran Aspal Jalan

DPUPR Sarolangun Tertarik Memanfaatkan Karet Bahan Baku Campuran Aspal Jalan

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sarolangun melalui Kepala Bidang Bina Marga Hadi Sarosa tertarik memanfaatkan karet untuk bahan baku aspal.

"Kita tertarik juga untuk memanfaatkan potensi karet sebagai bahan baku campuran aspal jalan,"ungkap Hadi Sarosa ketika ditanya oleh BRITO.ID, Kamis (7/2).

Hadi juga mengatakan pihaknya akan menyusun perencanaan realisasi penggunaan terhadap bahan karet itu campuran.

"Sebab kita butuh ketahanan dan bentuk pengolahannya serta kita mengukur efisisensi biaya selain aspal itu yang bisa digunakan. Nanti kita akan ukur kecocokannya terhadap pemakaiannya dengan kondisi jalan yang ada," kata Hadi.

"Dan semuanya itu tidak lepas dari anggaran.Nanti kita lihat berapa anggarannya untuk pembuatan bahan tersebut," tambah Hadi.

Hadi mengatakan pemanfaatan karet sebagai bahan campuran aspal untuk jalan jalan ini wacana dari Pemerintah Provinsi Jambi. "Baru-baru ini saya pernah ketemu kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Pak Fauzi mengatakan pembangunan jalan dengan menggunakan bahan aspal karet masih tahap koordinasi," ungkap Hadi.

Dia menjelaskan nantinya Dinas PUPR Provinsi dan Badan Penelitian Pembangunan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi akan menentukan lokasi mana yang akan dilakukan uji coba penggunaan aspal karet.

"Ya nanti kita lihat uji coba yang dilakukan Dinas PUPR Provinsi Jambi. Jika nantinya ini cocok, tentu kita juga menerapkan hal yang demikian. Saya pikir tidak ada salahnya kalau memang itu memungkinkan," pungkasnya. (Red)

Kontributor : Arfandi