Karhutla Ancam Jambi, Mahasiswa Tuntut Gubernur Cabut Izin Perusahaan Melanggar!

Karhutla Ancam Jambi, Mahasiswa Tuntut Gubernur Cabut Izin Perusahaan Melanggar!
Mahasiswa UIN Jambi unjuk rasa dihalau Polisi. (Deni/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Puluhan mahasiswa Universitas Negeri Islam (UIN) Jambi meminta pertanggung jawaban Gubernur Jambi atas persoalan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi. Hal itu dibuktikan dengan aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa itu di Kantor Gubernur Jambi, Rabu (25/9/2019).

Mahasiswa menilai, masalah karhutla saat ini tidak cukup dengan pemberian masker oleh pemerintah saja. Tetapi keseriusan penangan dalam menindak perusahaan korporasi yang terlibat karhutla.

Pantauan BRITO.ID di lokasi, aksi sempat memanas ketika mahasiswa mencoba menerobos masuk Kantor Gubernur, namun dihalau oleh petugas yang berjaga. Sehingga, terjadi aksi dorong-dorongan.

Dikatakan Koordinator Aksi, M Zulkifli bahwa pihaknya menuntut Gubernur untuk serius dalam menanggapi persoalan kebakaran yang menjadi trending topik di Nasional dan juga menjadi langganan di Provinsi Jambi.

"Kita minta Gubernur menghentikan atau mencabut izin perusahaan terkait terbakarnya lahan," ujarnya.

Lanjutnya, Gubernur harus bertanggung jawab terhadap kondisi sosial. Pertama dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan TRGD (Tim Restorasi Gambut Daerah).

Gubernur harus mendahulukan rakyat yang terkena dampak fenomena ini, serta menginstruksikan lembaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi korban asap.

"Apabila dalam kurun waktu satu Minggu tidak merealisasikan tuntutan kami, maka kami akan kembali dengan masa aksi yang lebih banyak," tegasnya. (RED)

Reporter : Deni S