Kinerja PPL Pertanian Honorer Masih Rendah, Sakwan: Terkadang Belum Terlatih

Kinerja PPL Pertanian Honorer Masih Rendah, Sakwan: Terkadang Belum Terlatih
Kadis TPHP Sarolangun Sakwan. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA SAROLANGUN - Kinerja Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang berstatus honorer daerah di Kabupaten Sarolangun sangat rendah.

"PPL itu ada tiga, PNS, Tenaga Harian Lepas (THL), dan honorer daerah. Kalau untuk PNS dan THL sudah terlatih. Sedangkan untuk PPL honorer daerah kadang belum terlatih. Mungkin karena ada tamatan SMA dan tidak semua tamatan SMK," keluh Sakwan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun, Minggu (4/8/219).

"Kadang kalau desanya berdekatan para PPL PNS dan THL ikut membantu. Dan bertanya kepada mereka. Tidak mungkin bertanya setiap hari," kata Sakwan.

Sakwan mengatakan pelatihan yang akan diadakan mendatang tidak hanya berupa kegiatan formal tetapi juga berupa nor formal. Kegiatan ini akan dilaksanakan di tingkat Kecamatan.

"Seharusnya bisa bersaing dengan PPL lainnya. Karena untuk menjadi PPL kan ada standarnya. Paling tidak PPL honorer daerah harus tahu dengan analisa usaha tani," jelasnya.

Sakwan menjelaskan dari data yang dimiliki Dinas TPHP Sarolangun tercatat Petugas Penyuluh Lapangan Sarolangun berjumlah 149 petugas.

"Untuk petugas PPL sebanyak 149 pada saat ini," tutupnya. (RED)

Reporter : Arfandi S