Kota Jambi Hadirkan SIKOJA Berbasis Android, Ini Penjelasannya...

Kota Jambi Hadirkan SIKOJA Berbasis Android, Ini Penjelasannya...
Sikoja. (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Terkait hadirnya Sistem Informasi Kota Jambi (SIKOJA) berbasis android, Wakil Walikota Jambi Maulana mengatakan aplikasi dibuat guna memudahkan layanan publik ke masyarakat dan sosialisasi program pemerintah.

"Tujuannya dibuatnya SIKOJA ini agar masyarakat Kota Jambi dan luar Kota Jambi bisa mengakses informasi tentang kota Jambi," ungkap Maulana, Selasa (30/7).

Maulana mengatakan didalam SIKOJA terdapat menu utama, website, menu berita, layanan publik, layanan internal, dan jelajah.

"Jadi semua nanti terkoneksi dengan website yang ada di Dinas masing-masing," katanya.

Maulana menegaskan setiap SKPD tidak diperkenankan lagi membuat sistem masing-masing. Harus berkoordinasi dengan Kominfo. Sehingga kedepan tidak banyak lagi aplikasi yang dibuat oleh pemerintah, melainkan hanya terkoneksi dalam 1 aplikasi yaitu SIKOJA.

"SIKOJA akan kita tambah terus fiturnya sesuai dengan kebutuhan. Jadi tak banyak aplikasi," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kota Jambi, Nirwan mengatakan bahwa aplikasi ini dibuat agar memudahkan masyarakat dan pemerintah. Di dalam aplikasi ini memuat beberapa fitur diantaranya adalah informasi daerah, layanan CCTV dan lainnya.

"Jadi kalau ada tamu dari luar kota, sedang cari informasi tempat wisata atau hiburan, maka bisa di cari di sini," katanya.

Kedepan, aplikasi ini akan dimantapkan dan di tambah dengan beberapa fitur tambahan sesuai dengan kebutuhan pemerintah di masa mendatang. (RED)

Reporter : Dewi Anita