Lapor Pak Jokowi! Gara-gara Asap, Patung Tugu Juang Sengeti Dipasangi Masker

Lapor Pak Jokowi! Gara-gara Asap, Patung Tugu Juang Sengeti Dipasangi Masker
Patung tugu juang di Sengeti dipasang masker. (Romi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kabut asap mulai melanda Kaupaten Muarojambi. Kabut asap ini diperparah dengan kebakaran hutan dan lahan yang kian meluas ditambah asap kiriman dari provinsi tetangga. 

Meski masih dalam kategori waspada, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Muarojambi berada padal angka 87 Mg/L.

"ISPU hari ini di angka 87mg/l. Ini masih level awas atau waspada," kata Firmansyah melalui sambungan telepon Sabtu, (17/8/19).

Kabut asap yang kian tebal ini cukup mengkhawatirkan masyarakat di Bumi Sailun Salimbai. 

Masyarakat meminta pemerintah baik daerah, Provinsi maupun pusat bisa cepat menanggulangi hal ini. Sebagai salah satu bentuk kekhawatiran tersebut, patung pahlawan yang berada di taman tugu juang sengeti dipasangi masker oleh warga.

"Jangankan manusia, patung pun risih dengan kabut asap ini. Kita sengaja pasang masker di patung pahlwan sebagai bentuk keprihatinan dan kekhawatiran kita dan berharap pemerintah bisa mengatasi persoalan kabut asap ini," kata Rozali, salah seorang tokoh pemuda Kelurahan Sengeti.

Menurut Rozali, warga Muarojambi tak ingin bencana kabut asap seperti empat tahun lalu kembali terulang. 

"Kita tidak ingin bencana kabut asap 2015 lalu terulang. Kita apresiasi TNI Polri dan pihak terkait yang sigap memadamkan api karhutla dan kami berharap ini bisa cepat berlalu," cetusnya.

Terpisah Bupati Muarojambi Masnah Busyro menyebut kalau kabut asap yang terjadi saat ini bukan hanya semata-mata akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Muarojambi saja. Karhutla yang terjadi di provinsi tetangga juga turut andil.

"Kabut asap saat ini, merupakan asap kiriman dari Provinsi tentangga Sumatera selatan. Dari Kabupaten Musi banyu asin yang jaraknya cukup berdekatan dengan Kabupaten Muarojambi," ujarnnya.

Atas persoalan ini, Pemkab Muarojambi telah berkoordinasi dengan Kabupaten Musi Banyu Asin (Muba), untuk mengatasi kabut asap yang terjadi. Masnah juga mengimbau, agar masyarakat, khususnya para pelajar dan anak sekolah di Kabupaten Muarojambi untuk selalu mengenakan masker saat berada di luar rumah.

"Sebagai antisipasi serta pencegahan penyakit yang dibawa oleh kabut asap ini," ucapnnya. (RED)


Kontributor : Romi R