Lima SMP Negeri Jambi Beri Peluang Terima Siswa Baru

Lima SMP Negeri Jambi Beri Peluang Terima Siswa Baru
PPDB di Dinas Pendidikan Kota Jambi (Dewi/brito.id)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Menanggapi kehadiran para wali murid yang menanyakan terkait tidak diterimanya anak mereka di sekolah yang dituju pada Selasa (09/07). Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Arman mengatakan, bahwa ada beberapa orang tua yang datang karena memang lokasi rumahnya jauh dari sekolah.

"Bahkan ada yang rata-rata itu dari Muarojambi. Jadinya tidak bisa dimasukkan ke sekolah yang mereka daftar kecuali di beberapa sekolah di perbatasan," jelasnya Rabu, (10/07).

Arman mengatakan bahwa bagi orang tua siswa yang komplain atau mengajukan pertanyaan, bisa datang ke Dinas Pendidikan ataupun ke sekolah masing-masing. 

Sebab, sudah disediakan posko pengaduan bagi orang tua siswa yang komplain. "Nanti semua ditampung apa saja masalahnya dan akan kita cari jalan keluarnya," bebernya.

Pihaknya juga sudah mengecek ke beberapa sekolah untuk memastikan tidak ada masalah PPDB. 

"Hasilnya sejauh ini tidak ada masalah. Ada beberapa yang bertanya mengenai zonasi yang tidak masuk. Dan itu kami tampung semua keluhannya," jawabnya.

Arman juga memastikan, siswa yang ingin masuk sekolah negeri masih ada kesempatan. Hanya saja memang tidak lagi menggunakan sistem zonasi. Sekolah yang masih membuka kesempatan untuk mendaftar tersebut adalah SMPN 8, SMPN 15, SMPN 9, SMPN 23, dan SMPN 20.

"Bisa masuk ke sana. Kalau mau, masih memungkinkan silahkan ke sekolah langsung dan tidak melalui sistem zonasi. Kita ingin anak-anak kita bisa bersekolah semua. Kalau bisa masuk negeri semua karena gratis dan tidak membayar," tegasnya.

Sementara itu mendaftar ulang siswa tidak dikenakan biaya apapun. Jika terbukti, ada yang meminta pungli, akan segera ditindak. Sedangkan untuk baju seragam siswa, akan dibahas pada rapat selanjutnya. Apakah siswa akan dibebaskan untuk membeli pakaian di luar sekolah ataupun melalui sekolah. (RED)

Reporter : Dewi Anita