Pembakar Lahan di Desa Gurun Mudo Sarolangun Ditangkap

Pembakar Lahan di Desa Gurun Mudo Sarolangun Ditangkap
Pelaku pembakar lahan diamankan Tim Karhutla. (Arfandi/brito.id)

BRITO.ID,BERITA SAROLANGUN - Tim Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan jajaran Polsek Mandiangin mengamankan satu orang pelaku diduga melakukan pembakaran lahan, Sabtu (21/09).

Pelaku diduga melakukan pembakaran di lahan milik ZN, tepatnya di Desa Gurun Mudo, Kecamatan Mandiangin. 

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana melalui Kapolsek Mandiangin IPTU Adi Prayitno, mengatakan awalnya Sabtu (21/9) pukul 09.00 WIB saat itu pelapor berangkat dari posko Karhutla di Taman Dewa menuju ke Desa Gurun Mudo bersama tim patroli terpadu karhutla untuk mensosialisasikan tentang karhutla. 

Ketika di Desa Gurun Mudo, Kecamatan Mandiangin, saat itu pelapor dan tim patroli terpadu karhutla bertemu dengan perangkat Desa. yakni Sekdes Desa Gurun Mudo, sekira kurang lebih 1(satu) jam melaksanakan sosialisasi. 

Lalu pelapor dan Tim Patroli Terpadu Karhutla melanjutkan patroli ke daerah lahan yang mudah terbakar sekitar pukul 13.30 WIB. Tak lama di perjalanan dari kejauhan pelapor dan tim melihat kepulan asap. Kemudian Tim Terpadu Karhutla menuju ke titik kepulan asap tersebut. 

Pelapor dan Tim Karhutla melihat seorang laki-laki, sedang memadamkan api yang menyala dengan menggunakan wadah air. Tim membawa dan menginterogasi laki-laki ini di pondok, dan mengaku bernama MM (59) serta mengakui telah membakar tebasan semak belukar. 

Usai interogasi lalu melaporkan kepada Kapolsek Mandiangin, dan pelaku sudah diamankan polisi.

"Setiap pelaku usaha dilarang membuka dan mengolah lahan dengan cara dibakar atau barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran. Yang dimaksud dalam rumusan Pasal 108 UU RI Nomor 39 Tahun 2014 ttg Perkebunan atau Pasal 187 KUHPidana," kata Kapolsek. 

"Luas lahan yang dibakar sekitar dua hektar. pemilik lahan bernama ZEN yang bertempat tinggal di Desa Gurun Mudo. Sementara barang bukti yang kita amankan berupa satu buah korek gas mancis, dua bilah senjata tajam jenis parang dan satu buah cangkul," katanya. (RED)

Reporter : Arfandi S