Pembuat Pizza Turki Diberi Penghargaan Karena Jadi Imigran Sukes

Pembuat Pizza Turki Diberi Penghargaan Karena Jadi Imigran Sukes

BRITO.ID, BERITA NEW YORK - Ia adalah imigran dari Turki, tapi keberhasilannya sebagai pembuat pizza membuat dia diberi penghargaan pada Kamis (10/1).

Upacara Beacon Awards, yang diselenggarakan oleh Ellis Island Honors Society dan American Immigrant Society (AIS) untuk pertama kali tahun ini, dituan-rumahi oleh ahli bedah Amerika-Turki dan pembawa acara tayang-bincang Dr. Mehmet Oz untuk memberi penghargaan kepada imigran yang berhasil.

Presiden AIS Murat Koprulu mengatakan upacara pemberian hadiah tersebut adalah gagasan yang sangat penting dengan tujuan memberi penghargaan kepada imigran muda dan mereka yang ingin melancarkan gagasan baru di AS.

Pembuat pizza Turki dan pemilik Champion Pizza Hakki Akdeniz menerima penghargaan atas keberhasilannya sebagai seorang pendatang.

Akdeniz, yang mengatakan tak seorang pun mengetahui bahwa ia pernah jadi tunawisma, menerima banyak sambutan saat ia memberitahu istrinya sementara ia berada di panggung untuk menerima hadiahnya, demikian laporan Kantor Berita Anadolu --yang dipantau di Jakarta, Sabtu (12/1).

Ia menerima sebanyak 12 penghargaan, termasuk dua dari Gubernur New York City Andrew Cuomo, satu dari Wali Kota New York Bill de Blasio, satu dari Senator New York dan satu dari Ketua Minoritas Demokrat di Senat Chuck Schumer.

Daphne Oz, putri dari ahli bedah Turki Dr. Mehmet Oz, pembawa acara kesehatan dan ahli gizi, juga diberi penghargaan pada malam itu.

Rantai usaha Champion Pizza dengan tujuh cabangnya sudah terkenal di kalangan selebritis Hollywood. Tembok restoran itu ditutup denan gambar pesohor Hollywood mulai dari Morgan Freeman sampai Keanu Reeves dan Neil Patrick Harris serta Susan Sarandon.

Akdeniz juga dikenal karena bantuannya buat mereka yang memerlukan, orang miskin dan tunawisma.

Setelah Badai Maria menerjang Puerto Rico pada 2017, pemilik rantai pizza itu mengumumkan ia akan memberi pizza secara gratis buat warga New York yang bisa membawa air, lilin, batere, senter, pempers, vitamin, tisu toilet dan bahan pasokan dasar lain ke restorannya untuk sumbangan.

Melalui kerja sama dengan rapper Amerika Jazy-Z, Akdeniz mengirim dua truk yang berisi pasokan dasar ke Puerto Rico.

Akdeniz memulai usahanya dari sepihan dan menabung cukup banyak uang untuk membuat restoran pertamanya dan sekarang secara gratis memberi pizza, sepatu serta pakaian buat tunawisma dan mereka yang memerlukan setiap hari Rabu. (red)