PILGUB JAMBI-Tokoh Kerinci Layak Nomor 1, AJB Dinilai Paling Berpeluang

PILGUB JAMBI-Tokoh Kerinci Layak Nomor 1, AJB Dinilai Paling Berpeluang

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Sejumlah tokoh Kerinci dan Sungaipenuh digadang-gadangkan akan ikut bertarung pada Pilkada Gubernur Jambi 2020 mendatang. Tidak main-main, tokoh Kerinci dan Sungaipenuh diperhitungkan karena warganya memiliki sebaran sangat besar di Provinsi Jambi.  

Menurut peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli (HSR) secara wilayah tokoh dari Kerinci dan Sungaipenuh cukup berpeluang untuk duduk menjadi orang nomor satu di Provinsi Jambi.  Kata dia, peluang dari tokoh-tokoh Kerinci sangat besar.

"Tokoh-tokoh Kerinci peluangnya sangatlah besar," jelas Hadi. Dia beralasan, Kerinci dan Sungaipenuh adalah urutan ketiga yang daftar pemilih masyarakatnya di Jambi cukup besar.

"Selain sebaran masyarakat Kerinci yang besar, tokoh - tokoh Kerinci juga sudah banyak berkiprah di pemerintah terutama nasional. Itulah salah satu peluang dari para tokoh Kerinci untuk maju memperebutkan kursi nomor 1 di Provinsi Jambi," tambah Hadi.

Beberapa nama tokoh Kerinci yang mencuat adalah Bupati Kerinci dua periode Adirozal, Walikota Sungaipenuh dua periode Asafri Jaya Bakri (AJB), Ramli Taha, Tafyani Kasim, Muradi Darmansyah dan Ami Taher, Wakil Bupati Kerinci.

Menurut Hadi, tokoh-tokoh Kerinci sangat berpeluang untuk mencalonkan diri. "Terutama untuk AJB yang telah menjabat sebagai Walikota Sungaipenuh selama dua periode," jelas Hadi.

Seperti diketahui, AJB adalah Walikota Sungaipenuh dua periode. Sebelum menjabat Walikota, AJB adalah rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang kini sudah menjadi Universitas Islam Negeri. Bahkan AJB dua periode menjabat sebagai rektor di kampus itu. (red)

Reporter: Dewi Anita