Pilkades di Muarojambi Dipercepat 2 Tahun, Ini Penjelasan Kepala DPMD

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muarojambi bakal mempercepat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Di mana, pada jadwal semula, Pilkades bakal dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

Pilkades di Muarojambi Dipercepat 2 Tahun, Ini Penjelasan Kepala DPMD
Kepala DPMD Muarojambi Raden Najmi (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Muarojambi bakal mempercepat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Di mana, pada jadwal semula, Pilkades bakal dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. 

"Jadwal semula 2023 mendatang, jadi rencananya bakal dipercepat menjadi bulan Desember 2021 mendatang," kata Kepala PMD Muarojambi Raden Najmi Rabu (8/7/20).

Menurut dia, ada beberapa alasan pelaksanaan Pilkades ini bakal dipercepat. Efektifitas, Efisiensi dan agar masa jabatan Pjs di desa tidak berlangsung lama yang pada akhirnya akan merugikan pemerintah desa sendiri menjadi alasan pihaknya bakal mempercepat pelaksanaan Pilkades. 

"Jika diadakan di 2023 sesuai jadwal semula maka akan banyak desa-desa yang dijabat oleh Pjs yang lebih dari satu tahun, karena rata-rata masa jabatan Kades banyak yang berakhir di 21 April 2022. Jika dilaksanakan di 2022 akan berbarengan dengan Pilbup, jadi agak riskan," kata Najmi.

Pihaknya saat ini tengah mempersiapkan telaah untuk melakukan pelaksanaan percepatan Pilkades ini. Hasil telaah ini nanti akan disampaikan ke Bupati Muarojambi. 

"Kami sedang menyiapkan telaah staf untuk nanti disampaikan kepada Ibu Bupati. Setelah ada arahan bupati, baru nanti kami mengadakan dengar pendapat dengan DPRD, khususnya di Komisi 1," katanya.

Dilanjutkan Najmi, ada sekitar 54 desa yang nantinya akan melaksanakan Pilkades ini. 54 desa ini juga rerata masa jabatannya akan berakhir pada April 2022.

"Kalau pelaksanaan Pilkadesnya direncanakan di Desember namun tanggal pastinya belum. Untuk prosesnya 
akan dimulai Juni tahun depan seperti menentukan panitia, penganggaran, mata pilih dan pendaftaran calon," tandasnya.

Penulis: Raden Romi
Editor: Rhizki Okfiandi