Sekda Muarojambi Minta Pilkades Jangan Saling Jegal dan Tebar Ancaman

Sekda Muarojambi Minta Pilkades Jangan Saling Jegal dan Tebar Ancaman
Sekda Muarojambi M Fadhil Arief. (Romi/BRITO.ID)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Kabupaten Muaro Jambi akan menggelar Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak sebanyak 61 desa. Pesta demokrasi ini dijadwalkan dilaksanakaan pada 11 November mendatang. Menghadapi agenda akbar ini, Pemkab pun sudah melakukan rapat dengan pihak terkait membahasnya. Tak hanya itu, Pemkab pun melibatkan TNI/Polri untuk mengawal pelaksanaan Pilkades ini.

"Pilkades serentak ini direncanakan untuk 61 desa dan nanti akan kita sinergitaskan dengan pihak terkait termasuk TNI dan Polri, sehingga Pilkades ini berjalan dengan demokratis," kata Sekda Muaro Jambi, M Fadhil Arief, Kamis (17/7/19).

M.Fadhil Arief mengatakan bahwa sinergitas bertujuan untuk memastikan agar seluruh warga desa benar-benar dapat menggunakan hak pilihnya. Dengan demikian maka tidak ada lagi warga desa yang tidak terakomodir untuk menggunakan haknya.

"Seluruh warga yang memiliki hak pilih harus diakomodir dalam DPT. Hal ini perlu kita pastikan agar seluruh warga desa dapat menggunakan hak pilihnya," ujarnya

M Fadhil Arief berharap dalam pelaksanaan Pilkades ini, tidak ada masyarakat yang mendapatkan tekanan dalam menggunakan haknya. Dengan adanya sinergitas ini sangat diharapkan tidak ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan tersebut.

"Melalui sinergitas ini diharapkan demokrasi berlangsung dengan baik, jujur dan adil. Tidak ada tekanan kepada masyarakat dan tidak ada pelanggaran," ujarnua.

Demikian juga dalam proses penerimaan calon kepala desa. Fadhil berharap para calon dalam mendaftarkan diri tidak dipersulit. Oknum tidak bertanggung jawab tidak boleh menghalangi calon yang telah memenuhi syarat untuk maju.

"Semua orang yang berhak dan memenuhi syarat untuk mencalonkan diri maju sebagai kepala desa akan kita lindungi untuk mendapatkan haknya," kata Fadhil. (RED)

 

Kontributor : Romi R