Soal Penggelembungan Suara, Ini Pandangan Ketua Bawaslu Kota Jambi

Soal Penggelembungan Suara, Ini Pandangan Ketua Bawaslu Kota Jambi

BRITO. ID, BERITA JAMBI - Ketua Bawaslu Kota Jambi Ari Juniarman menyampaikan, di Kota Jambi tidak ada terjadi penggelembungan suara terkait Pemilu dan proses rekapitulasi.

 

Meski saat Pleno di kecamatan, Kota dan sampai di Provinsi terdapat beberpa selisih suara yang menjadi klaim, namun bukan menjadi begitu signifikan untuk terjadinya unsur penggelembungan suara. 

 

"Hampir seluruh TPS di Kota Jambi hanya kesalahan jumlah. Mekanisme sudah kita jalankan, jadi ketika ada perbedaan di C1 di KPPS bisa dilihat bersama dengan membuka kembali C1 sehingga ketika ada perbedaan bisa dicek langsung," sebut Ari .

 

“Meski mekanisme telah dilakukan, hingga kini juga masih ada yang belum puas dengan hasil rekapilutasi pleno. Namun karena prosedurnya jelas maka tinggal menunggu keputusan MK," tambah Ari. 

 

Saat ini yang sedang viral di media sosial yang mengatakan masih terdapat selisih, padahal mereka juga memiliki C1. Namun, dijelaskan Ketua Bawaslu Kota Jambi ini, mereka tidak update atau karena faktor lelah pada saat perbaikan mereka tidak ada. Yang mereka pegang adalah C1 yang tidak sama dengan hasil pleno. 

 

Terkait dengan laporan-laporan adanya kecurangan anggota KPPS ataupun KPPS sendiri, Ari mengatakan pihak Gakumdu telah menelusuri semua unsur pidana pemilu dan pelanggaran, namun tidak ada yang fatal semua murni terkait kelalaian.

 

“Memang ada beberapa KPPS yang kita berikan peringatan, tegur bahkan pecat dikarenakan lalai dalam rekapitulasi dan pelaksanaan pemilu. Dengan konsekuensi mereka tidak bisa kembali dilibatkan dalam unsur kepengurusan pemilu dikedepan hari,” jelas Ari.

 

Ketua Bawaslu juga Mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota, TNI Polri, dan masyarakat yang telah ikut mensukseskan dan memantau Pemilu tahun 2019. (red)

 

Reporter : Dewi Anita