Tak Ditemani Keluarga, Ini Lima Fakta Menarik Sidang Perdana Zumi Zola

Zumi Zola sudah menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (23/8/2018). Dalam sidang itu Gubernur Jambi non aktif ini didakwa telah menerima gratifikasi Rp44 miliar dan satu uni Toyota Alphard. Zola juga didakwa telah memberikan suap kepada DPRD Provinsi Jambi Rp16,40 miliar. Dua kasus yang membelit Zumi Zola.

Tak Ditemani Keluarga, Ini Lima Fakta Menarik Sidang Perdana Zumi Zola

BRITO.ID, BERITA JAMBIZumi Zola sudah menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (23/8/2018). Dalam sidang itu Gubernur Jambi non aktif ini didakwa telah menerima gratifikasi Rp44 miliar dan satu uni Toyota Alphard. Zola juga didakwa telah memberikan suap kepada DPRD Provinsi Jambi Rp16,40 miliar. Dua kasus yang membelit Zumi Zola.

  ARTIKEL TERKAIT
Uang Korupsi Zumi Zola Dibelikan Boneka Marvel Senilai Rp52 Juta

Pada sidang perdana, Zumi Zola datang dengan menggunakan kemeja batik motif Jambi. Setelan bawahannya menggunakan celana berbahan sejenis wool berwarna hitam. Dia menggunakan sepatu pantofel hitam. Sesekali Zola melemparkan senyum ke wartawan.

Sejak Zola tiba di ruang sidang hingga selesai ada beberapa fakta menarik yang terlihat. Berikut lima fakta menarik dalam sidang perdana Zumi Zola:

1. Tidak ditemani keluarga

Sejak dimulai hingga berakhirnya sidang, Zumi Zola terlihat sendiri. Dia hanya ditemani pengacara dan beberapa sahabat. Sementara pihak keluarga tidak terlihat. Istrinya, Sherrin Tharia yang biasanya datang berkunjung tidak nampak di ruang sidang. Begitu juga ibunya Harmina Djohar. Padahal sehari sebelum sidang saat lebaran Idul Adha (22/08/2018), keduanya terlihat menjenguk Zumi Zola di rumah tahanan (Rutan) kelas 1 Jakarta Timur cabang Rutan KPK.

  ARTIKEL TERKAIT
Ketua DPRD Tebo Agus Rubiyanto Ikut Setor Rp500 Juta ke Zumi Zola

2. Ditemani mantan tim sukses

Meski tidak ditemani pihak keluarga, namun terlihat sahabat Zola ikut mendampinginya. Dia adalah Cecep Suryana, bekas Direktur Media Centre saat suksesi Pilgub Jambi 2015. Cecep terlihat duduk satu baris dengan Zola, sebelum sidang dimulai.


Cecep Suryana (paling kanan) menemani Zumi Zola menjalani sidang perdana. (dok istimewa)

3. Setia menggunakan batik Jambi

Saat aktif menjadi Gubernur Jambi, Zumi Zola selalu mempromosikan kearifan lokal Jambi. Terutama kerajinan khas Jambi. Zola menjadi ikon munculnya tanjak/lacak Jambi. Sebuah ikat kepala yang dimiliki melayu Jambi. Dia bersama istrinya juga selalu mempromosikan batik Jambi yang memiliki beberapa motif. Tak jarang, Zola bersama Sherrin selalu menampilkan batik Jambi di ajang-ajang nasional. Saat sidang, Zola pun masih setia memakai batik Jambi. Dia menggunakan atasan kemeja batik Jambi berwarna oranye dan hitam.


Zola menggunakan batik Jambi saat sidang perdana. (dok istimewa)

4. Tangan kiri diperban

Kesehatan Zumi Zola saat ditahan KPK hingga persidangan memang menurun. Zola juga memiliki sakit gula yang tidak bisa diremehkan. Saat sidang, tangan kiri Zola dibalut perban. Sama seperti beberapa waktu ketika Zola ditahan di Rutan KPK.


Tangan kiri zola diperban. (dok istimewa)

5. Tetap melemparkan senyuman
Gubernur Jambi non aktif ini memang dikenal murah senyum. Bekas artis sinetron ini rajin melemparkan senyum ketika bertemu sapa dengan warga. Saat di persidangan, Zola pun sering tersenyum saat diabadikan gambarnya oleh pewarta foto.


Zumi Zola selalu tersenyum kepada awak media. (dok istimewa)