Terkendala Sinyal dan Fasilitas, Ribuan Siswa di Sarolangun Masih Terapkan Ujian Semester Manual

Seluruh siswa SD dan SLTP di Sarolangun,hari ini menggelar ujian semester. Namun tidak semua siswa menggunakan sistem online, namun kebanyakan siswa masih menggunakan sistem manual. Karna masih ada daerah yang masih tidak memiliki jaringan Handphone dan tidak memiliki Handphone.

Terkendala Sinyal dan Fasilitas, Ribuan Siswa di Sarolangun Masih Terapkan Ujian Semester Manual
Kadisdik Sarolangun Helmi (ist)

BRITO.ID,BERITA SAROLANGUN - Seluruh siswa SD dan SLTP di Sarolangun,hari ini menggelar ujian semester. Namun tidak semua siswa menggunakan sistem online, namun kebanyakan siswa masih menggunakan sistem manual. Karna masih ada daerah yang masih tidak memiliki jaringan Handphone dan tidak memiliki Handphone.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sarolangun, sebelumnya sudah menerapkan sistem belajar dari rumah selama hampir tiga bulan, seluruh siswa mulai dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP dan SMA melakukan kegiatan belajar dirumah dikarenakan pandemi covid 19.

Helmi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sarolangun, saat dikonfirmasi mengatakan, jika ujian semester dimulai hari ini, senin 15 Juni 2020 sampai dengan 20 Juni 2020 mendatang.

"Sesuai dengan petunjuk Kemendikbud, ujian dilakukan dirumah. Orang tua hanya diminta mengambil soal di sekolah masing,"katanya.

Dijelaskannya, seharusnya ujian semester untuk tahun 2020 ini dilakukan secara online, akan tetapi dikarenakan masih adanya keterbatasan maka ujian tetap dilaksanakan dengan manual dengan lebaran soal.

"Seharusnya dengan sistem online, akan tetapi masih ada keterbatasan, seperti tidak semua siswa memiliki handphone, maka ujian semester dilakukan dengan sistem manual, hanya saja di kerjakan di rumah," jelasnya.

Masih katanya, untuk sistem pengambilan soal ujian tersebut tergantung kesepakatan pihak sekolah dengan siswa. Bisa pihak sekolah yang mengantar ke rumah siswa ataupun, orang tua siswa yang mengambil soal ke sekolah.

"Untuk sistem pengambilan soal, bisa guru yang mengantar ke rumah siswa ataupun orang tua siswa yang mengambil ke sekolah sesuai kesepakatan, akan tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan,"katanya

Dari data yang diperoleh awak media di lapangan, senin (15/6/2020) seluruh siswa mulai dari jenjang SD sampai SMP mulai menerima soal ujian semester, yang mana dalam pengerjaan pengisian soal dikerjakan semua siswa di rumah masing-masing.

Penulis: Arfandi S

Editor: Rhizki Okfiandi