Tersangka Korupsi Taman Hijau Bungo Dijebloskan ke Lapas Jambi

Tersangka Korupsi Taman Hijau Bungo Dijebloskan ke Lapas Jambi

BRITO.ID, BERITA BUNGO - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bungo menjebloskan tersangka kasus dugaan korupsi proyek Taman Hijau Bungo tahun 2015, Efrin, ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)  Klas IIA Jambi.

 

Kepala Kejaksaan Negeri Bungo,  Bimo Budi Hartono mengatakan, dalam kasus ini ada dua tersangka. Satu tersangka meninggal dunia, Almarhum Dharma Suardi, dinyatakan gugur perkaranya. 

 

"Untuk proses lebih lanjut, tersangka di tahan untuk dipersiapkan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jambi," tegas Bimo, Rabu (26/6).

 

Menurutnya, penyidik sudah cukup bukti sehingga dilakukan penahanan terhadap tersangka selaku pelaksana kegiatan proyek Taman Hijau Bungo Tahun anggaran 2015 yang menelan uang negara lebih kurang Rp 941 Juta. 

 

"Tersangka dijerat pasal 2 dan pasal 3 Undang-undang Tipikor," tambahnya. 

 

Sebelumnya, penyidik sudah memeriksa 23 saksi untuk dimintai keterangan. Dalam penanganan kasus ini barang bukti yang berhasil ditemukan sebanyak 71  dokumen dan diperkuat 2 saksi ahli. Bahkan Efrin pernah mengembalikan uang Rp 30 Juta kepada Jaksa.

 

Sekedar mengingatkan, kasus pembangunan Taman Hijau Bungo dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diturunkan pada Kantor Lingkungan Hidup senilai Rp 941 Juta. Dari dana tersebut, terdapat kerugian negara ratusan juta rupiah. (RED)