Warga Jambi Termakan Tipuan Berkedok Hadiah Bank BCA oleh Warga Banten

Warga Jambi Termakan Tipuan Berkedok Hadiah Bank BCA oleh Warga Banten
ILUSTRASI: Penipuan berkedok hadiah. (istimewa)

BRITO.ID, BERITA JAMBI - Seorang wanita bernama Netti Herawati alias Neti, warga Tangerang Provinsi Banten, terpaksa berurusan dengan hukum. Dia menjadi pelaku penipuan dengan modus hadiah dari bank.

Terdakwa disidang di Pengadilan Negeri Jambi, karena sebagian korbannya merupakan warga Jambi. Di persidangan yang dipimpin hakim Arpan Yani, terungkap jika modus yang dilalukan terdakwa yakni mengaku baru saja mendapat satu unit mobil, hadiah dari Bank BCA. 

Oleh penuntut umum yang menangani perkara tersebut, Teti Kurnia menyatakan, terdakwa telah melawan hukum. "Yakni dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya," kata jaksa, Selasa (9/7).

Kepada korbannya, terdakwa mengaku sebagai Ira Susanti yang merupakan seorang kontraktor di Jambi. Kejadian bermula saat terdakwa menyampaikan kepada saksi korban bernama Desva Ripaldi dan Ella Rainah bahwa terdakwa mendapat undian dari Bank BCA berupa seunit mobil Honda Brio. 

Namun karena terdakwa mengaku adalah nasabah yang memiliki sejumlah tabungan di Bank BCA, ia ingin menjual mobil tersebut seharga Rp150 juta. Para korban pun bersedia membeli mobil tersebut seharga Rp130 juta. 

Setelah korban percaya, terdakwa meminta uang muka pembayaran mobil tersebut sebesar Rp20 juta, dengan perjanjian dilunasi setelah mobil diterima. 

Korban baru sadar, setelah mobil Brio yang dijanjikan terdakwa adalah fiktif. Akibatnya saksi korban mengalami kerugian sebesar Rp19.350.000. "Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP, tentang penipuan dan penggelapan," katanya. (red)

Kontributor: Hendro