Waspada Gelombang Tinggi Satu Hingga 1,5 Meter Diperairan Kualatungkal

Waspada Gelombang Tinggi Satu Hingga 1,5 Meter Diperairan Kualatungkal
Kepala Kantor Syahbandar Otorita Pelabuhan (KSOP) kualatungkal Prayetno SH (Heri/brito.id)

BRITO.ID BERITA TUNGKAL- Kepala Kantor Syahbandar Otorita Pelabuhan (KSOP) kualatungkal Prayetno SH menghimbau bagi nelayan, pengusaha angkutan laut untuk waspada gelombang kuat yang terjadi dalam beberapa hari ini.

Pasalnya, berdasarkan surat edaran resmi BMKG tentang prakiraan cuaca dan gelombang tinggi di wilayah perairan Timur Jambi, mewaspadai gelombang tinggi di wilayah timur Bintan, Lingga dan perairan utara Pangkal Pinang. 

"Untuk wilayah kelautan kita masuk di perairan Lingga dan perairan Pangkal Pinang. Jadi untuk beberapa hari kedepan kami himbau para nelayan dan pengusaha angkutan untuk selalu waspada," kata Kepala KSOP Kualatungkal Prayetno melalui Kasat KPLP KSOP Kualatungkal, Junaidi, Jum'at (9/8). 

Jumaidi juga menegaskan laporan tersebut diperkuat dari pengakuan nahkoda KNP Satria Pratama Usbadikal Surya M, dengan rute kepulauan Batam-Kualatungkal Kamis lalu.

"Iya dari pengakuan dan laporan resmi ke KSOP memang terjadi gelombang kuat sekitar 2 hingga 2,5 meter," tuturnya.

Pengakuan salah satu nelayan tradisional Bunardi membenarkan jika terjadi gelombang besar di laut sekitar Kualatungkal. 

"Lumayan berayun-ayun lah, kalau untuk kapal kecil bisa bahaya, tapi kalau kapal trol GT 7 atau trol mini GT 6 dibawahnya lumayan terombang ambing lah," tukasnya. (RED)

Kontributor : Heri Anto