Begini Ciri-ciri Hp Anda Kena Hack dan Solusinya....

Dunia teknologi kini semakin berkembang pesat, berbagai produsen Handphone (HP) kini mulai mengeluarkan beberapa fitur baru yang terbilang canggih, namun bersamaan dengan itu ternyata gawai alias smartphone yang kamu punya berpotensi pula terkena hack atau sadap oleh oknum tak bertanggung jawab, berikut ciri-ciri dan cara mengatasi HP yang kena hack dan sadap.

Begini Ciri-ciri Hp Anda Kena Hack dan Solusinya....
Ilustrasi. (Istimewa)

BRITO.ID, BERITA TEKNOLOGI - Dunia teknologi kini semakin berkembang pesat, berbagai produsen Handphone (HP) kini mulai mengeluarkan beberapa fitur baru yang terbilang canggih, namun bersamaan dengan itu ternyata gawai alias smartphone yang kamu punya berpotensi pula terkena hack atau sadap oleh oknum tak bertanggung jawab, berikut ciri-ciri dan cara mengatasi HP yang kena hack dan sadap.

Bagi pihak yang kerap berbuat onar secara diam-diam dengan memanfaat teknologi biasanya disebut hacker. Mereka tidak segan-segan melakukan hack atau sadap HP milik banyak orang demi meraup keuntungan belaka.

Oleh sebabnya kamu perlu mengetahui ciri-ciri dan cara mengatasi HP yang kena hack dan sadap.

Biasanya para hacker yang telah terlatih tersebut dapat dengan mudah alias secara cuma-cuma mengambil data yang ada di Hp.

Nantinya data tersebut dipakai untuk sejumlah hal yang termasuk ke dalam tindakan ilegal, seperti menjual data, memalsukan identitas, dan berbagai jenis penyalahgunaan data lainnya.

Lantas apa saja ciri-ciri dan cara mengatasi HP yang kena hack dan sadap? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Baterai HP cepat low atau habis

Biasanya ciri-ciri HP yang terkena sadap atau hack, baterai yang digunakan cepat low ketimbang biasanya. Hal tersebut lantaran, ada aplikasi atau sistem yang bekerja tanpa terlihat, sehingga membuat kerja HP semakin ekstra.

Kuota cepat habis

Hampir sama dengan ciri-ciri sebelumnya, jika HP kamu kena sadap atau hack, biasanya kuota internet yang kamu miliki cepat habis, padahal kamu sendiri jarang menggunakannya. Ternyata ada aliran kuota internet yang lain sedang bekerja secara diam-diam atau kasat mata. Biasanya kuota internet dipakai untuk mentransfer data pribadi kamu kepada si pihak hacker.

Muncul aplikasi aneh

Jika kamu secara tiba-tiba melihat ada aplikasi aneh padahal kamu tidak merasa mengunduh atau pun install, maka ada kemungkinan HP kamu sedang disadap oleh sebuah pihak.

Tiba-tiba mengeluarkan suara aneh dan bising

Ketika kamu menghubungi seseorang melalui saluran telepon namun ada suara aneh seperti terdengar bising, bisa jadi percakapan tersebut sedang disadap dan didengarkan pula oleh pihak ketiga alias hacker.

HP tiba-tiba reboot atau restart
Indikasi lainnya bahwa HP atau gawai kamu kena hack adalah secara tiba-tiba mengalami reboot atau restart sendiri tanpa kamu pencet tombol apapun.

Cara mengatasi HP yang terkena sadap atau hack

Mengutip dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi HP yang terkan hack atau sadap:

Mengaktifkan keamanan bertahap
Biasakan matikan HP ketika sedang tidak digunakan

Jangan lupa nonaktifkan pula data internet, GPS, Wifi, hingga Bluetooth bila sedang tidak terpakai

Hindari membuka website terlarang
Sebaiknya jangan gunakan VPN karena jadi salah satu potensi jaringan kamu masuk ke para peretas

Jangan charger HP disembarang tempat
Itulah ciri-ciri dan cara mengatasi mengatasi HP yang terkena hack atau sadap.

Waspada, karena data kamu bisa jadi disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Sumber: Hops.id
Editor: Ari